Sabtu, 23 Juni 2012

Masjid Al-Muhajirin Villa Mutiara Cikarang

Masjid Al-Muhajirin Blok B Villa Mutiara Cikarang, Kabupaten Bakasi, Jawa Barat
Berada di posisi tusuk sate jalan Bougenvile 3 Blok B, Villa Mutiara di CIkarang Selatan kabupaten Bekasi, Jawa Barat. fasad depan masjid ini mirip dengan Masjid Jami Nurul Islam Pilar di Cikarang Utara dan Masjid Jami' Al-Muttaqien - Buni Asih.

Alamat & Lokasi Masjid Al-Muhajirin

Masjid Al-Muhajirin
Jl. Bougenville 3, Blok B Villa Mutiara Cikarang
Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi 17330
Jawa Barat - Indonesia


View Masjid Al-Muhajirin Villa Mutiara in a larger map

Lahan tempatnya berdiri menempatai dua kapling lahan perumahan di Blok B diantara dua ruas jalan di depan dan dibelakangnya. Boleh jadi lahan ini dulunya sengaja dijadikan lahan Fasos / Fasum karena posisinya yang berada di tusuk sate. Kita tahu sangat jarang ada pembeli yang berminat dengan rumah di posisi itu.

bangunan di sisi depan adalah bangunan asli yang pertama dibangun. sementara tempat para jemaah berdiri mendengar suara azan yang dilantunkan itu adalah bangunan pendopo tambahan di sisi timur.
Hampir sama dengan masjid An-Nur (juga di Villa Mutiara), bangunan utama atau bangunan asalnya berupa masjid kecil segi empat beratap limas berukuran kecil, lalu ditambahkan bangunan pendopo terbuka di sisi timur (depan) nya. Bangunan tambahan yang jauh lebih luas dari bangunan aslinya.

Kiblat yang miring

perhatikan garis shaf di lantai masjid, sangat miring mungkin sekitar 15 hingga 20 derajat ke kiri karena memang denah bangunannya yang tidak persis menghadap kiblat.
Kalaupun ada, pastinya sangat jarang komplek perumahaan yang site plan nya berorientasi kepada arah kiblat. Akibatnya lahan fasos/fasum yang ada pun pada saat dibangun masjid, bangunan masjid nya menjadi tidak sejajar dengan bangunan lainnya karena harus mengikuti arah kiblat.

Meski garis shaf nya dimiringkan namun mihrab dan mimbar masjid tempat khatib menyampaikan khutbah tetap pada posisi lurus sesuai dengan denah bangunannya.
Seperti halnya bangunan masjid Al-Muhajirin ini, dibangun mengikuti arah bangunan sekitarnya, konsekwensinya adalah shaf sholat di dalam masjid yang harus dimiringkan, mungkin mencapai 15 hingga 20 derajat ke kiri. Meski begitu muhrab dan mimbarnya tetap dalam posisi lurus mengikuti arah bangunan. Sehingga pada saat khutbah disampaikan jemaahlah yang harus sedikit memalingkan muka ke arah mihrab.

Dana Swadaya

dalam foto ini terlihat lebih jelas interior bangunan awal masjid Al-Muhajirin. dengan mihrab dan mimbar sederhananya dan posisi sajadah yang miring ke kiri.
Ketika singgah sholat Jum’at disini, saya tak menemukan adanya plakat pembangunan dengan bendera salah satu Negara timur tengah seperti pada beberapa masjid masjid vila mutiara lainnya. Baik di bangunan awal dan pendopo depannya yang merupakan bangunan tambahan.

Laporan Keuangan

Papan pengumuman, toliet dan tempat wudhu berada disisi utara (sisi kanan) bangunan pendopo
Laporang pengelolaan keuangan masjid secara berkala di laporkan ke jemaah, salinan dari laporan itu dipasang di papan pengumuman disisi utara bangunan tambahan. Disana diuraikan dengan detil masing masing pemasukan dan pengeluaran masjid ini. Sesuatu yang menarik dari laporan itu adalah bahwa masjid ini turut berkontribusi memajukan pendidikan beberapa anak anak yatim di lingkungan masjid dengan turut membayar biaya bulanan sekolahnya berikut biaya transportasi mereke ke dan dari sekolah.

Pengurus DKM

saya jejerkan tiga foto fasad depan masjid masjid Cikarang yang memiliki kemiripan, masing masing adalah masjid Al-Muttaqin di Buni Asih, Masjid Nurul Islam di Pilar, dua dua nya berada di kecamatan Cikarang Utara dan di tengah adalah Masjid Al-Muhajirin VMC.
Kepengurusan DKM Al-Muhajirin dibentuk untuk masa bakti 3 tahunan. Pengurus DKM masa bakti 2009 – 2012 terdiri dari : Dewan Penasihat :Ketua RW 007, Ketua RT 014 & RT 015 ê Ketua DKM : Muhammad Ridwan  ê Sekretaris DKM : Agus Sumbono  ê Wakil Ketua : Miftahul Munir  ê Bendahara : Rudi Sayuti ê Seksi Pembangunan : H. Rahman Supriaman & Sarwono  ê Seksi Pendidikan : Drs. Mufraini  êSeksi PHBI : Suwandi  ê Seksi Peribatan : Catur Hendi Susilo & Ust. Akmad Basyuni  êSeksi Humas : Santo Purnomo & Anim Setiawan  ê Seksi Perlengkapan : Syaiful Wiajya P. [ Cikarang, 24 Juni 2012].

memandang ke arah jalan
"dilarang merokok di masjid" ::: jadi ingat dengan larangan yang sama di Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya