Jumat, 27 April 2012

Masjid Al-Ikhlas Blok A Villa Mutiara

Masjid Al-Ikhlas Blok A Villa Mutiara Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi

Keluar dari kantor pukul setengah 12, berdua dengan teman ku si U-Je (Ustadz JoEda) ngabur ke arah kampung nyari masjid nyang belon pernah kita sambangin buat jum’atan. Gak sudah  buat nyarinya tinggal  buka kuping baik baik dengar suara ngaji dari kaset yang di setel pengurus masjid, cari sumber suaranya, bila datang dari cari gang yang memang belon pernah kita samperin sebelum belumnya, mari kita mampir.

Masjid Al-Ikhlas
Blok A Villa Mutiara RT 013/07
Cikarang Selatan. Kabupaten Bekasi 17550
Jawa Barat, Indonesia


Mari Jum'atan

Kali ini  jumpa masjid kecil di Blok A Villa Mutiara Cikarang Selatan. Masjid Al Ikhlas, namanya. Lokasinya di Blok A, RT 013/07. Karena memang ukurannya yang kecil DKM nya sudah menyiapkan tenda di jalan depan masjid khusus buat jum’atan. Sepertinya masjid ini tadinya sebuah rumah di hook yang lahannya di alih fungsi untuk masjid, atau mungkin juga memang lahan kosong di hook yang kemudian dibangun masjid.

masjid Al-Ikhlas dengan terasnya yang lebih luas dari masjid nya
Ukuran masjidnya hanya sekitar 6.5 x 6.5 meter, masjid beton bertulang baja U beam. Di sekeliling bangunan masjid nya sudah dibangun teras kecuali sisi mihrab. Teras disisi timur bahkan lebih luas dari masjid nya sendiri.

Toilet dan tempat wudhunya berada disisi selatan masjid. Papan pengumuman masjid ditempel di dinding toilet mengarah ke teras depan masjid. Disana terpampang laporan keuangan masjid. Saldo kas masjid ini lumayan besar untuk ukurannya yang kecil, ada Rp. 16 jutaan lebih dengan pengeluaran rutin setiap pekan sekitar Rp. 250 ribu.

bangunan utama masjidnya dibangun dengan konstruksi beton. bertulang baja
Kubilang ke Uje, “masjid begini ini biasanya gak betahan lama, Lima atau enam taon ke depan masjid nya udah ilang……….. berubah jadi lebih gede, he he he he” ……. Insya Alloh.

Jemaah Jum’at pada ahirnya memang harus berbagi tempat hingga ke tenda di depan masjid. Khatibnya benar benar sadar audience, khutbahnya singkat padat dan dipadat padatin, dah mirip kultum jelang taraweh. Jum’atan kelar pada saat di masjid masjid laen di kejauhan masih terdengar suara khutbah nya yang belon usai.

here we are, jum'atan at masjid Al-Ikhlas
Ba’da jum’atan jemaah nya ngariung di teras masjid, menikmati sajian teh dan kopi manis berteman gorengan, sepertinya mereka lagi siap siap buat gotong royong bongkar tenda. kekompakan jemaahnya jempolan deh. Salah satunya sempat menyapa kami berdua yang siap siap kembali ngabrik (balik ke pabrik maksudnya). “mas, ngupi ngupi dulu lah istirahat dulu, masih lama neeh waktunya”. Klk lagi hari libur sih, pantang di tolak tuh tawaran menarik, tapi berhubung harus kerja lagi, apa boleh buat.

Oke deh segitu dulu yak dongeng jum’atan kali ini, see u on next jum’atan di masjid yang laen (Insya Alloh) :::  Wassalam.

refleksi masjid Al-Ikhlas di cermin cembung yang sengaja dipasang di pertigaan
di depan masjid untuk referensi pengendara yang lewat
Bersahaja ::: Interior masjid Al-Ikhlas
Selesai Jum'atan pengurus DKM ngariung dulu bari ngupi ngeteh ditemani gorengan
yang masih panas. "punten lah pak yak, bukan nolak rejeki, tapi kudu buru buru balik
kerja lagi neeh".......