Senin, 16 April 2012

Masjid Nurul Hikmah Ciantra, Cikarang Selatan

Masjid Nurul Hikmah - Ciantra
Berdiri kokoh ditengah Desa Ciantra, Masjid Nurul Hikmah berdiri dalam ukurannya yang mungil namun bewarna cerah. sore hari aku singgah ke masjid ini untuk numpang sholat Asyar. Tinggal satu jemaah yang tersisa di dalam masjid. 

Sesampai disana, melepas sepatu lalu nyari sendal jepit yang ::: seperti biasa :: tersedia di dekat pintu,  menuju ke tempat wudhu, buka keran air siap siap membasuh muka, tapi air nya tak kunjung keluar. aku clingak clinguk sebentar. air PAM sedang tidak mengalir atau memang jaringan PDAM belum sampai kesini kah ? pikir ku

Lokasi Masjid Nurul Hikmah

Masjid Nurul Hikmah
Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia



Ternyata ada sumur hanya beberapa meter dari tempat wudhu, aku kesana. lagi lagi clingak clinguk karena tak ada timba atau ember disekitar situ. Ah sukur lah tak lama ada seorang ibu ibu paruh baya menuju ke arah ku, dia bilang 'ya. . .ini mah pompanya kagak di nyalain sama yang tadi terahir sholat, pantesan airnya kering' begitu kira kira katanya. 

Beliau langsung menuju ke bawah menara air di dekat tempat wudhu lalu menyalakan pompa listrik. "tunggu aja yak bentaran tar juga aernya ngalir". "haturnuhun bu". Benar saja tak lama airnya mulai mengalir dari bak penampungan yang kerannya sengaja kubiarkan terbuka untuk memastikan baknya sudah terisi dan airnya mengalir. 

interior, ditopang dengan satu pilar di tengah masjid

Ruang dalam masjid ini terawat baik dan bersih. dinding sisi mihrab ditutup dengan keramik biru. sementara dinding sisi yang lain semuanya juga di balur dengan warna biru stip kuning pada tiang tiang masjid senada dengan warna sisi luarnya. Lantai masjid di tutup dengan keramik warna putih dengan kotak kotak kecil warna hitam.

Sebatang sokoguru dari bton berdiri di tengah tengah masjid menopang struktur atap masjid yang semuanya juga dibeton. Meski tak terlalu luas tapi kesan kekar dengan struktur betonnya sangat kentara. Para pembangunnya sepertinya khawatir bila tanpa tiang tengah untuk menyangga beban dari atap cor nya.

Nama masjid di kotak amal
Tak ada papan nama di masjid ini. satu satunya petunjuk nama masjid ini kutemukan di kotak amal yang diletakkan merapat ke tiang di tengah masjid. bahkan nama kampung tempat masjid ini berdiri pun ku dapat dari jemaah terahir sebelum aku masuk tadi.

Lokasi masjid ini memang hanya terpisah kurang dari dua kilometer dari kawasan industri tempatku bekerja, tapi memang letaknya berada di pemukiman penduduk. memang harus bersengaja untuk kesana.

Beduk di teras masjid
Masjid Nurul Hikmah Ciantra ini dibangun dengan arsitektur asli Indonesia dengan atap limas bersusun, meski empat sokoguru dibagian tengah masjid digantikan dengan hanya satu tiang beton, dan atap limasnya pun menjadi sekedar ornamen pelengkap.

Seperti masjid masjid lain di Indonesia, beduk pun turut menjadi feature di masjid ini. Tak lengkap rasanya memang bila ada masjid tak ada beduk yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masjid tradisional Indonesia. Di sisi selatan masjid ini masih ada lapangan kosong dan di ujung sisi timurnya berdiri bangunan majelis taklim. ***

updated ; 10 Des 2015

-----------------------ooOOOoo-----------------------