Jumat, 08 Juni 2012

Masjid Jami’ Nurul Ikhlas Tegal Luhur, Cibatu


Masjid Jamie Nurul Ikhlas Tegal Luhur, Desa Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi
Jawa Barat - Indonesia

Berada di tengah kampung Tegal Luhur Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, Masjid Jamie Nurul Ikhlas berdiri megah dengan bangunan barunya menggantikan bangunan lama di lokasi yang sama. Ukurannya cukup besar dan sudah dilengkapi pula dengan beranda di sisi timur (sebelah kanan) masjid.

Masjid Jamie Nurul Ikhlas yang kini berdiri merupakan bangunan baru dengan bangunan bergaya masjid asli Indonesia menggantikan bangunan masjid sebelumnya. Bila bangunan sebelumnya dilengkapi dengan kubah bawang di atap tertingginya, bangunan baru ini hanya menggunakan atap limas bersusun sebagaimana masjid masjid khas Indonesia. Kubah dari bangunan lama kini teronggok tak jauh dari masjid.

Masjid Jami’ Nurul Ikhlas
Kampung Tegal Luhur Rt 03/03
Desa Cibatu, Kecamatan CIkarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia


Dibangun dengan dana donor dari Negara Timur Tengah, sepertinya dari Qatar (tidak dapat dilihat dengan jelas karena prasasti pembangunannya tertutup dengan cat putih menghapus warna bendera yang ada disana. Hanya tarik pendirian masjid yang dapat dibaca dengan jelas. Dijelaskan bahwa bangunan masjid baru ini dibangun pada bulan Mei 2011 M / Jumadil Ahir 1432H dengan nama Masjid Maryam , nama dari pendonor dana pembangunannya.

Masjid Jamie Nurul Ikhlas tatkala senja mulai turun
Ketika pertama kali melintas disana masjid ini masih dilengkapi dengan papan nama lengkap dengan alamatnya, namun ketika terahir singgah kesana, papan nama itu sudah tidak ada lagi, mungkin akan diganti dengan yang lebih baik. Karena lahan tempatnya berdiri berkontur tidak rata, teras sisi belakang masjid ini (sisi utara) lantainya dibangun dengan system floating (menggantung) untuk menyiasati elevasi tanahnya yang tidak sama.

Interior Masjid Jamie Nurul Ikhlas Tegal Luhur, Cibatu
Ruang dalamnya simple saja, langit langit masjid tidak dipasang plafon namun dibiarkan terbuka meski tak ada celah atau ventilasi yang dipasang diantara atap limas paling atas dengan atap dibawahnya untuk memberi laluan cahaya kedalam masjid. Lukisan kaligrafi menghiasi sisi atas dinding bagian dalam masjid serta di atas migrab masjid termasuk pada dua pilar yang mengapit sisi kiri dan kanan mihrab.

Dua suasana Masjid Jamie Nurul Ikhlas Tegal Luhur
Tempat wudhu disediakan di pojok timur laut disebelah bangunan pendopo. Dan karena permukaan tanah yang berbeda, dari pendopo harus turun sedikit untuk mencapai tempat wudhu dan toilet. Belum ada pagar di sekeliling masjid membuat binatang ternak bebas berkeliaran di halaman depan masjid yang letaknya lebih tinggi dari lantai masjid. Karena perbedaan ketinggian permukaan tanah juga yang membuat kita harus menuruni beberapa anak tangga dari pekarangan depan menuju ke masjid ini.

foto kiri : lukisan ama Allah di pilar mihrab, foto kanan : fasad depan masjid
Posisi masjid ini berada di jalan kecil di kampung Tegal Luhur, dan jalan kecil itu sendiri hanya beberapa meter letaknya dari tembok pembatas antara kampung Tegal Luhur dengan komplek Lippo Cikarang. Berdiri disana memandang kearah Lippo Cikarang, jadi teringat kampungnya Si Doel Anak Sekolahan. sebuah kampung asli yang kian terdesak oleh komplek perumahan elit yang tentu saja tak terbeli oleh masyarakat kebanyakan yang sehari hari hanya menjadi penonton dari pesatnya perkembangan pembangunan disekitar mereka.

dan ahirnya gelap menyelimuti
Belum ada Mading (Majalah Dinding) atau papan pengumuman yang menjelaskan (misalnya) laporan keuangan masjid dan agenda kegiatannya, atau sekedar memajang dafta pengurus masjid. Dan yang pasti masjid ini masih butuh sentuhan ahir di halaman depannya agar semakin tampak lebih manis.

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya