Jumat, 25 Mei 2012

Masjid Al-Hidayah Villa Mutiara Cikarang

Masjid Al-Hidayah, Villa Mutiara, Cikarang Selatan

Masjid satu ini adalah salah satu masjid yang berada di dalam komplek perumahan Villa Mutiara Cikarang Selatan. Biasalah, singgah kesana buat numpang sholat Jum’at. Karena masjid nya berada dalam komplek perumahan, jadinya meskipun ukurannya kecil tapi tak perlu khawatir tak kebagian tempat.

Lokasi dan Alamat Masjid Al-Hidayah

Masjid Al-Hidayah
Jl. Hanjuang II RT. 024/10 Perumahan Villa Mutiara
Desa Ciantra, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat - Indonesia


Namanya Masjid Al-Hidayah, dibangun dengan dana dari Islamic Relief.org, Saudi Arabia di tahun 2004. Di plakat pembangunan-nya yang ber-aksara Arab dipasang di dinding sisi utara masjid menghadap ke tempat wudhu disebutkan nama masjid nya sebagai Masjid Muhammad Ali Muhammad. Namun DKM masjid, memberinya nama sebagai masjid Al-Hidayah.

Pakat pembangunan itu itu juga menyebutkan bahwa masjid ini berada di sebuah pulau di kawasan Indonesia Timur ?. Entahlah, mungkin plakat yang dipasang itu tertukar atau memang dulunya dana pembangunannya memang di alokasikan untuk masjid di tempat lain, namun kemudian di alihkan ke masjid ini, atau hal lainnya. Wallohua’lam.

sisi depan masjid Al-Hidayah Villa Mutiara
Bangunan aslinya berdenah segi empat berukuran kecil, lalu ditambah dengan bangunan tambahan di sisi timur dan selatan. Lokasinya yang berada di hook (tanah sudut) menjadikan tiga sisi masjid ini menghadap ke jalan. Dan disisi timur masjid masih menyisakan lahan terbuka, cukup untuk parkir beberapa mobil ukuran kecil dan sepeda motor.

Langit langit bangunan utama nya diberi plafon warna putih, bukan langit langit terbuka. Beberapa kipas angin di pasang di plafon untuk kenyamanan jemaah. Karena masjidnya kecil, mihrab dan mimbarnya juga tidak terlalu besar. Teras masjid ini sebenarnya jaug lebih luasa dari bangunan utama masjidnya. Bangunan utama masjid ini beratap limas seperti kebanyakan masjid lainnya.

Teras Selatan masjid Al-Hidayah Villa Mutiara
Suasana jum’atan disini ramai sekali oleh anak anak, yang sebagian besar dari mereka berkumpul sesama anak anak di teras sisi selatan. Namanya juga anak anak, selama khutbah berlangsung mereka asik bercengkrama satu dengan lainnya.

Bicara tentang anak anak di masjid, selalu saja memunculkan dua opini. Ada orang yang kurang suka bila di masjid banyak anak anak, “brisik” katanya. Suara brisik anak anak mengganggu kekhusu’an. Apalagi bila sedang zikir, lebih parah lagi bila khatib sedang khutbah.

Ada pula yang justru merasa senang bila di masjid banyak anak anak, meski mereka ‘brisik’ sekalipun, sebagai bagian dari pendidikan kepada anak anak supaya senantiasa menambatkan hati ke masjid sejak usia dini. Soal brisik sih, biasalah….namanya juga anak anak. Tinggal di arahkan. Saya salah satu dari jemaah dengan opini nomor dua.

dari gerbang
Di beberapa masjid, DKM nya dengan sengaja mengatur jadwal diantara para pengurus untuk mengatur jemaah dari kalangan kanak kanak, caranya. Salah satu anggota DKM yang dapat giliran piket, akan mengatur jemaah anak anak. Termasuk saat akan sholat berjemaah. Petugas ini yang mengarahkan anak anak untuk berbaris rapi dalam shaf, untuk tidak brisik, untuk becanda dan sebagainya.

Dan biasanya petugas ini pada ahirnya akan masbuk di rekaat pertama. Karena beliau memastikan terlebih dahulu semua jemaah anak anak sudah tertib baru bergabung dalam sholat berjamaah di shaf-nya anak anak. Ada juga masjid yang dengan sengaja menyediakan area khusus untuk jemaah anak anak, terpisah dari area jemaah dewasa.

Atau ada yang punya ide lain ?.

sisi depan dari gerbang masjid Al-Hidayah Villa Mutiara Cikarang

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya