Sabtu, 25 Januari 2020

Masjid Baitul Muttaqin Perum Korpri Ciuyah

Masjid Baitul Muttaqin Komplek Perumahan Korpri Desa Ciuyah.

Masjid Baitul Muttaqin adalah masjid yang berada di dalam komplek perumahan Korpri di desa Ciuyah, kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Sebagaimana namanya, perumahan ini memang dibangun untuk para pegawai negeri yang bertugas di kabupaten Lebak. Keberadaannya di desa Ciuyah maka seringkali komplek perumahan ini disebut dengan perum Korpri Ciuyah.

Berdiri ditengah tengah komplek perumahan, masjid Baitul Muttaqin dibangun dalam gaya masjid tradisional Indonesia yang khas dengan atap limas di puncak atap masjid. Denah bangunan masjid ini dibangun simetris dengan dua sayap bangunan dikiri dan di kanan ruang utama, menjadikan ruang dalam masjid ini seolah terbagi tiga bagian.

MASJID BAITUL MUTTAQIN
Ciuyah, Sajira, Lebak Regency, Banten 4237



Bangunan sayap masjid dibangun lebih memanjang hingga kedepan sejajar dengan beranda masjid. Dengan denah yang demikian, masih ada lahan kosong dibagian depan masing masing bangunan sayap disamping kiri dan kanan ruang utama yang dimasa mendatang bisa saja digunakan untuk perluasan area masjid dengan menyambung bangunan sayap ke arah depan.

Di halaman depan masjid terdapat sebuah pendopo terbuka berukuran tak terlalu besar. Di pendopo ini juga menjadi tempat meletakkan sebuah beduk. Tempat wudhu dibangun di sisi luar bangunan sayap. Secara umum bangunan masjid ini dan fasilitasnya terawat dengan baik.

Eksterior Masjid Baitul Muttaqin.
Bagian luar maupun bagian dalamnya tampak terawat dan bersih. Bagian dalam masjid seluruh lantainya ditutup dengan karpet sajadah. Dinding sisi kiblat ditutup dengan keramik warna hijau lumut. Ruang mihrab berupa relung tak terlalu besar dilengkapi dengan satu mimbar berbentuk sebuah podium dari bahan kayu.

Karena memang lokasinya berada di dalam komplek Korpri atau Korp Pegawai Republik Indonesia, pengurus masjid ini pun merupakan para pegawai negeri sipil (PNS) yang tinggal di komplek tersebut dan wajar bila anda akan menemukan nama nama pengurusnya ditulis lengkap dengan gelar akademik nya masing masing.***

Interior Masjid Baitul Muttaqin.
Pengurus Masjid Baitul Muttaqin.
Area beranda Masjid Baitul Muttaqin.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA