Sabtu, 28 September 2019

Masjid At-Tin Maja – Pandeglang

Masjid At-Tin, Maja, Pandeglang.

Masjid At-Tin Maja berada di ruas jalan raya Labuan KM.3. Maja, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Letaknya di sisi selatan jalan raya Labuan. Karena ruas jalan Labuan ini membentang arah timur laut - barat daya, dengan sendirinya denah bangunan masjid At-Tin ini miring sekitar 45 derajat terhadap jalan raya menyesuaikan terhadap arah kiblat. Di dalam komplek masjid ini juga terdapat Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Pandeglang.

Singgah ke masjid ini di waktu subuh untuk sholat subuh berjamaah sekaligus istirahat sejenak dalam perjalanan di kabupaten Pandeglang, itu sebabnya semua foto yang ada dalam kondisi gelap waktu subuh. Foto siang hari diambil dari google map, sebagai pelengkap. Bangunan masjid At-Tin ini cukup besar, dibangun dua lantai, ruang sholat utama berada di lantai dasar.

Masjid At-Tin
JL Raya Labuan, Km. 3, Maja Seruni, Sukaratu
Kec. Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten 42217



Karena kontur tanahnya yang tidak rata, sebagian besar lahan masjid ini lebih rendah dari jalan raya sehingga hanya pekarangan depan-nya saja yang sejajar dengan jalan raya. Di pekarangan depan ini ada sedikit lahan parkir kendaraan. Dari pekarangan depan Jemaah akan langsung berjumpa dengan tangga menuju ke ruang sholat di lantai dua, berdampingan dengan tangga menuju ke taman samping dan ke area lantai dasar.

Ada jalan akses ke lahan parkir lebih luas di samping masjid, jalan yang menurun hingga ke halaman samping dan belakang masjid. Di samping masjid ada taman kecil bersebelahan dengan tempat wudhu dibawah kanopo luar ruang, bersebelahan dengan toilet. Dari taman ini ada tangga akses dari dan menuju ke pekarangan depan yang lebih tinggi.

Jelang waktu subuh di Masjid At-Tin Maja.

Jemaah subuhnya lumayan ramai dan semuanya Jemaah pria dewasa. Sebagaimana tradisi masjid masjid Nahdlatul Ulama, sholat subuh di masjid ini juga ada pembacaan doa’ qunut oleh imamnya di rekaat terahir, bakda sholat dilanjutkan dengan zikir dan do’a bersama.

Merujuk kepada plang yang terpasang di depan masjid menghadap ke jalan raya, Masjid At-Tin ini berdiri di atas lahan wakaf seluas 4295m2, dengan nomor sertifikat W2/378/VII/2006, dengan peruntukan untuk bangunan masjid. Selain kantor Pengurus Cabang NU, di komplek Masjid ini juga terdapat SMK Ma’arif NU Pandeglang.

Nahdlatul Ulama cabang Pandeglang.
Dari arah taman samping masjid/
Interior Masjid di lantai dasar
Sisi depan Masjid At-Tin Maja.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA