Sabtu, 07 September 2019

Masjid Nurul Iman, Blok M Square Jakarta

Masjid Nurul Iman di Atap Blok M Square.

Masjid Nurul Iman adalah masjid yang berada di lantai atap (lantai 7) Mall Blok M Square di kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Masjid ini dibangun dari dana para pedagang di Blok M Square dan jamaah pengunjung. Secara harfiah Nurul Iman berarti Cahaya Iman, keberadaan Masjid Nurul Iman di puncak gedung pusat perbelanjaan Blok M Square ini seolah menjadi penerang kawasan tersebut.

Tidak hanya lokasinya yang unik namun masjid ini dibangun sebagai sebuah masjid sesungguhnya selayaknya masjid yang dibangun di atas tanah. Singgah ke masjid ini bertepatan dengan sholat magrib, dan sempat kaget dengan jemaahnya yang membludak hingga memadati setiap jengkal dalam ruangan masjid. Jemaah yang datang belakangan dan ketinggalan Jemaah utama, melakukan sholat Jemaah di area luar ruang utama secara bergantian, karena diruang utama segera setelah sholat magrib dilanjutkan dengan kajian rutin.

Masjid Nurul Iman
Mall Blok M Square, Jl. Melawai 5 No.3, RT.3/RW.1, Melawai
Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160


.
Masjid ini dibangun dengan amat megah, lapang, beserta fasilitas yang sangat memadai. Konsep arsitektur masjid di lantai 7 Blok M Square ini menyerupai Masjidil Haram di Makkah. Sejak di halaman masjid, Jemaah disambut oleh miniatur Ka’bah, yang dibangun di area masjid ini ditujukan untuk kegiatan manasik haji.
.                                                                    
Masjid Nurul Iman tampak sederhana saja dengan kubah-kubah kecil di beberapa sudut bangunan. Detail lancip pada kubah, teras, dinding, dan perpaduan warna pada bagian relung masjid ini lebih mengingatkan pada gaya istana Persia.
.
Tampak seperti masjid biasa, aktualnya masjid ini berada di lantai atap Blok M Square.

Pintu masjid yang unik dengan ukiran dan sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara. Ruang ibadah Masjid Nurul Iman sanggup menampung sekitar 3.000 jamaah. Bagian dalam ruang masjid ini cukup lapang, dengan karpet yang nyaman untuk beribadah.

Langit-langit masjid, khususnya bagian kubah yang merelung, dihiasi dengan lukisan awan dan sebuah lampu hias yang menggantung indah di tengahnya. Masjid Nurul Iman memiliki jadwal kajian rutin yang senantiasa dipadati Jemaah. Selain bangunan Masjid Nurul Iman, di lantai atap gedung Mall ini sebagian lahannya juga digunakan sebagai area parkir kendaraan bermotor. ***

Ekterior Masjid Nurul Iman

Ujung menara Blok M Square dengan warna kotak kotak merah dan putih tampak ujungnya di belakang bangunan masjid.
Dari arah selatan.
Ba'da magrib.
Blok M Square, kamu harus jeli memperhatikan di sudut kiri atas foro, kubah kuning Masjid Nurul Iman tampak riap riap diketinggian.

Interior Masjid Nurul Iman

Jemaah sholat magrib 
Jemaah sholat magrib melanjutkan mengikuti acara kajian rutin.
Semerbak mewangi.
Mihrab dan mimbar.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA