Jumat, 05 April 2019

Masjid Hidayatullah Jakarta

Terselip diantara gedung gedung jangkung yang kini mendominasi langit Jakarta disekitar nya, Masjid Hidayatullah masih tegar berdiri hingga kini melewati rentang sejarah yang cukup panjang.

Masjid Hidayatullah di kawasan setiabudi, Jakarta Selatan ini merupakan salah satu masjid tua di Jakarta dan memiliki keunikan tersendiri baik dari sejarah maupun arsitekturnya. Masjid Hidayatullah dibangun dengan sentuhan gaya bangunan klenteng terlihat dari bentuk atap bangunan masjid dan atap bangunan menaranya.
.
Interior masjid ini juga sangat menawan dengan banyaknya ukiran ukiran pada material kayu yang digunakan sebagai struktur bangunan ini. Sempat terancam digusur oleh pesatnya pembangunan gedung pencakar langit di kawasan bisnis yang kini telah mengepungnya, masjid Hidayatullah bertahan melewati zaman.
.
Masjid Hidayatullah
Jl. Karet Depan, RT.007/RW.04, Karet Semanggi
Setiabudi, RT.3/RW.4, Karet Semanggi, Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930



Pertama kali dibangun pada tahun 1747 di atas lahan wakaf dari pengusaha Batik bernama Mohamad Yusuf yang tinggal didaerah Karet, lahan seluas tiga ribu meter persegi untuk masjid tersebut beliau dapat dari seorang Belanda bernama Safir Hands.
.
Tak ada informasi tentang keberadaan makam Muhammad Yusuf, yang mewakafkan lahan untuk pembangunan masjid ini. Tidak jelas juga apakah memang tidak diketahui dengan jelas keberadaannya atau juga bisa jadi para pengurus masjid dan warga setempat memang menyimpan rapat rapat tentang keberadaan makam beliau guna menghindari dikultuskannya makam hamba Alloh yang sholeh tersebut dari tindakan kemusryikan para peziarah yang masih belum memahami esensi ziarah sesuai syariat.
.
(diringkas dari bujangmasjid.blogspot.com)

Kalah tinggi dengan gedung gedung jangkung disekitarnya.
UNIK. Menara Masjid Hidayatullah dengan rancangannya yang unik.
 .
------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA