Minggu, 28 April 2019

Masjid Besar Al-Atiq Kauman, Salatiga

Masjid Al-Atiq dibawah guyuran hujan.

Masjid Besar Al-Atiq atau di Masjid ini masih tertulis dengan jelas sebagai Masjid Jami’ Al-Atiq baik dalam aksara latin maupun dalam aksara arab yang terpampang disana. Lokasinya berada di Jalan K.H.A Wahid Hasyim, hanya beberapa meter dari pertigaan jalan Diponegoro (Jalan raya Semarang – Surakarta).

Berdasarkan situs kementrian agama, masjid ini merupakan salah satu masjid bersejarah, dibangun tahun 1925 dengan luas tanah 2500 meter persegi dan terdaftar dengan nomor ID masjid 67310.

Masjid Besar Al-Atiq Kauman, Salatiga
Jl. K.H.A. Wahid Hasyim Jl. Kauman No.2
Sidorejo Lor, Sidorejo, Kota Salatiga
Jawa Tengah 50714



Bamun demikina Masjid Besar Al-Atiq ini disebut sebut sebagai masjid tertua kedua si kota Salatiga setelah masjid Damarjati. Disebutkan bahwa masjid Al-Atiq ini dibangun oleh Ki Rono Sentiko, sahabat dari Ki Damarjati yang membangun Masjid Damarjati, keduanya adalah anggota pasukan Pangeran Diponegoro.

Mereka kemudian menyingkir ke Salatiga setelah perang usai setelah ditangkapnya Pangeran Diponegoro dengan cara yang teramat licik oleh Belanda, lalu meneruskan perjuangan mereka melalui dakwah Islam di kota ini. Ki Rono Sentiko, setelah wafat dimakamkan di kawasan Blotongan, Sidorejo, Kota Salatiga.

Menara dan kubah ke emasan Masjid Al-Atiq menyembul diantara atap atap bangunan disekitarnya.
Masjid ini berdiri dikawasan yang cukup strategis, selain di pusat keramaian, posisinya juga dikelilingi oleh berbagai fasilitas pendidikan yang ada di Salatiga, dari tingkatan sekolah dasar hingga Universitas. Tak jauh dari masjid ini, masih di ruas jalan yang sama juga berdiri cukup megah Madrasah Aliyah Negeri Salatiga.

Panorama masjid ini sepertinya akan tampak lebih indah bilamana di potret dari lantai atas gedung Sekolah Dasar Al-Azhar 22 yang berada di pertigaan jalan tak jauh dari masjid ini. Sepertinya akan mendapatkan view Masjid Besar Al-Atiq ini dengan latar belakang panorama gunung Merbabu.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA