Sabtu, 28 April 2012

Masjid Al-Mujahidin Pasir Konci – Cikarang Selatan

Sesa'at menjelang Magrib di Masjid Al-MujaHidin, Pasir Konci, Cikarang Selatan

Lokasi & Alamat Masjid Al-Mujahidin

Masjid Al-Mujahidin
Kampung Pasir Konci RT. 014B/005
Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi 17550 Jawa Barat – Indonesia


Lihat Masjid Al-Mujahidin Pasir Konci di peta yang lebih besar

Tiba di masjid ini sesaat menjelang azan magrib, menyenangkan melihat anak anak kecil bermain disekitar dan di dalam masjid menunggu waktu magrib tiba. Masjid Al-Mujahidin berdiri megah ditengah tengah kampung Pasir Konci, Cikarang Selatan, kabupaten Bekasi, propinsi Jawa Barat, bangunan beton cukup megah dalam arsitektur asli Indonesia dengan atap limas bersusun.

Masjid Al-Mujahidin dilengkapi dengan menara tunggal berdiri disisi gang yang melintas di depan masjid. Gang yang tak telalu lebar, hanya cukup untuk kendaraan roda dua. Mobil ukuran kecil milik warga masih bisa masuk dengan super hati hati. Berkunjung ke masjid ini sebaiknya memang tidak membawa kendaraan roda empat karena memang agak sulit untuk menuju kesana.

Menara tunggal Masjid Al-Mujahidin, Pasir Konci, Cikarang Selatan
Di samping menara ini tempat wudhu dan toilet berada. Pasokan air cukup berlimpah dari setiap keran wudhu yang tersedia. Bangunan utamanya sudah dilengkapi dengan teras yang cukup luas dan beranda di pintu utama. Masjid Al-Mujahidin dilengkapi dengan tiga pintu akses masing masing di setiap sisinya kecuali sisi mihrab.

Masuk kedalam ada empat sokoguru bulat dari beton menjulang menopang struktur atap masjid ini. benar benar ciri masjid Indonesia. Plafon masjid dibuat terbuka memberikan kelegaan di dalam masjid.

didalam Masjid Al-Mujahidin, Pasir Konci
Jemaah sholat magrib di masjid ini cukup ramai dari berbagai umur. Area sholat untuk jemaah wanita di letakkan di sisi kiri belakang di batasi dengan partisi dari kayu berbentuk sederhana. Sama seperti kebanyakan masjid di Indonesia, ba’da sholat imam memimpin jemaah berzikir dan berdo’a bersama dan ditutup dengan bersalam salaman.

Malam Jum’at masjid ini di ramaikan dengan acara yasinan (membaca surah yaasin) berjamaah. Tidak saja di ramaikan oleh jemaah laki laki, ibu ibu pun turut ambil bagian dalam acara ini satu persatu berdatangan ke masjid seelah selesai sholat masjid, beberapa dari mereka mendengarkan tausiah dan yasinan di teras masjid.

Yasinan Yuuuk
Benar seperti kata Pak Ustadznya, datang ke majelis ta’lim ataupun pengajian di masjid itu salah satu cara termudah untuk dapat pahala, meskipun hanya datang, duduk, ngantuk nyender di dinding di teras masjid. Apalagi bila khusu’ menyimak, dapat manfaat berganda deh. Selamat berta’lim (Cikarang, 26 April 2012).

empat pilar bundar menopang atap masjid Al-Mujahidin, Pasir Kunci
Ba'da Magrib
Arah Kiblat ::: sajadah Masjid Al-Mujahidin ini dimiringkan untuk menyesuaikan dengan
arah kiblat, karena bangunan masjidnya tidak tepat mengarah ke Kiblat.

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya