Sabtu, 28 April 2012

Masjid Jami’ Baiturrohim, Masjid Imut di Cibatu

Masjid Jami' Baiturrohim Cibatu, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Satu lagi neeh masjid imut imut di Cikarang, lokasinya di kampung Cibatu, di desa yang juga  bernam Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Lokasinya ditengah tengah kampung Cibatu bersebelahan dengan SD Negeri Cibatu. Ditepian ruas jalan alternatif Kali Malang – Lippo Cikarang dan sebaliknya.

Masjid Jami Baiturrohim Cibatu
Kampung Cibatu, Desa Cibatu
Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi
Propinsi Jawa Barat, Indonesia


View Masjid Jami Baiturrohim Cibatu in a larger map

Kusebut imut imut karena memang ukurannya yang kecil tapi cantik sekali dengan perpaduan warna warni menawan. Bagi anda yang sering melintasi ruas jalan alternatif satu ini pastinya akan melihat masjid mungil satu ini.

Bangunan utamanya tak terlalu besar mungkin sekitar 6 atau 7 x 7 meter saja, di kiri kanannya dilengkapi dengan teras. Disis depannya (sisi timur) menghadap ke jalan di lengkapi dengan beranda. Rancangan beranda ini sedikit mengingatkan pada beranda Masjid Raya Cipaganti Bandung (kini menjadi Masjid Besar Cipaganti).

lokasi berada disisi ruas jalan alternatif yang menghubungkan Kali Malang ke
Lippo Cikarang atau sebaliknya.
Beratap genteng warna hijau dengan pola limasan sama seperti bangunan tempat tinggal penduduk disekitaranya, hanya saja yang menjadi pembedanya dengan bangunan rumah penduduk adalah di puncak atap masjid ini dipasang kubah warna hijau. Masing masing satu kubah di puncak atap bangunan utama masjid dan satu kubah di atas atap beranda.

Dua kubah hijau di atap masjid ini yang menjadi cirri utama bangunan masjid satu ini. Dua atap hijau itu terlihat jelas di kejauhan dari atas jembatan [bakal] akses tol ke Lippo Cikarang ke arah timur laut, diantara pepohonan dan atap atap rumah penduduk.

Nih Masjid nya. Indah bukan ?
Pada foto udara hasil pencitraan tanggal 20 Juli 2003 di google earth menunjukkan masjid ini masih berbentuk masjid mungil beratap limas dengan satu kubah di puncak atapnya. Merujuk pada hal itu artinya masjid ini berubah seperti bentuknya sekarang setelah tahun 2003.

Sore hari Sabtu ketika singgah sebentar ke masjid ini, anak anak kecil sedang asik bermain di beranda masjid.  ‘Mau ngaji om’ katanya dengan ramah dan sumringah ketika ku sapa.  Mengisi waktu selama menunggu mereka asik bermain di teras masjid, beberapa dari mereka malah asik jelepokan, ngumpet dibalik tanaman bunga di taman depannya yang asri sambil makan camilan.

Interior Masjid Jami' Baiturrohim Cibatu
Taman di depan masjid ini dirawat dengan apik. Penataannya juga cukup baik. Ditembok pagar sisi selatan masjid juga dilengkapi dengan kolam kecil lengkap dengan lanskap dindingnya dari batu batuan. Penataan taman ditambah dengan gerbang dan pagarnya menambak kecantikan masjid mungil ini secara keseluruhan. (Cikarang, Ahad 29/4/2012).

Ekterior Masjid Jami Baiturrohim Cibatu

sisi Utara
Detil Masjid dari sisi Utara
Sisi Selatan bersebelahan dengan SD Negeri 02 Cibatu. tampak di bagian depan foto
adalah panggung permanen milik sekolah Dasar. Lokasi yang pas untuk latar belakang
yang begitu menarik.
kubah atap bangunan utama masjid Jami Baiturrohim, kubah ini yang terlihat dari -
kejauhan.
di balik nama SD Negeri Cibatu 02
Beranda Masjid Jami Baiturrohim Cibatu

Detil masjid Jami Baiturrohim Cibatu

fasad depan beranda Masjid Jami' Baiturrohim Cibatu
Lebih dekat dan detil fasad beranda
lebih dekat ke pilar masjid
Sumringah menanti waktu mengaji di beranda Masjid Jami Baiturrohim Cibatu
tak lengkap tanpa beduk ::: beduk masjid Jami' baiturrohim diletakkan di halaman
samping sisi selatan
Detil Mihrab
Lampu gantung turut menghiasa beranda Masjid Jami Baiturrohim

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya