Sabtu, 11 April 2020

Masjid Bilal Bin Rabbah Madinah

Masjid Bilal Bin Rabah, di kota Madinah.

Masjid Bilal Bin Rabah adalah salah satu masjid yang dibangun ditempat bersejarah di kota Madinah. Lokasi Masjid Bilal Bin Rabbah berada hanya terpaut tiga blok bangunan di sebelah selatan pelataran selatan komplek Masjid Nabawi setelah perluasan. Bangunan masjid yang cukup besar, dan uniknya bangunan masjid ini juga menyatu atau dilengkapi dengan Shopping center di sisi utara masjid-nya.

Masjid Bilal Bin Rabah disebut sebut sebagai masjid yang dibangun di atas tanah bekas rumah Sahabat Rosulullah, Bilal Bin Rabah, semasa beliau masih tinggal di kota Madinah. Bilal dikenal sebagai salah satu dari kelompok pertama yang masuk Islam, beliau dikenal sebagai pengumandang azan pertama dalam sejarah Islam. Gelar ‘Muazin nya Rosulullah” menempel pada nama Bilal Bin Rabbah dan beliau berhenti mengumandangkan azan tak lama setelah wafatnya Rosulullah .

Bilal Ibn Rabah Mosque
8359 Abdul Muhsin Ibn Abdul Aziz, Qurban, Medina 42316 2254, Arab Saudi


Setelah Rosulullah wafat, Bilal bin Rabah memutuskan untuk tidak akan melantunkan azan lagi, hal tersebut karena kecintaan beliau yang begitu mendalam kepada Rosulullah . Setelah Rosulullah wafat, Bilal hanya sanggup melakukan azan selama tiga hari dan selalu terhenti di kalimat “Asyhadu anna muhammadan rasuulullaah” (Aku menyatakan bahwa Muhammad ialah utusan Allah)”, dan Bilal tenggelam dalam isak tangis.

Supermarket di sebelah Masjid Bilal Bin Rabah, di kota Madinah.
Tak kuasa menahan kesedihan yang medalam, Bilal pun memohon untuk Khalifah Abu Bakar sebagai khalifah menggantikan posisi Rasulullah sebagai pemimpin, supaya diperkenankan tidak mengumandangkan azan lagi, sebab tidak mampu melakukannya. Bilal pun meminta izin kepadanya untuk tidak tinggal lagi di kota Madinah.

Awalnya, Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq merasa ragu guna mengabulkan permohonan Bilal yang meminta agar ia diperbolehkan keluar dari kota Madinah, namun akhirnya mengizinkan Bilal Bin Rabbah meninggalkan Madinah. Bilal Bin Rabah kemudian menetap di Syria dan hanya pernah sekali kembali berkunjung ke Madinah untuk melepas kerinduannya kepada Rosulullah , masih dimasa Khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq. Bilal bin Rabah wafat dan dimakamkan di Syria.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA