Minggu, 09 Februari 2020

Masjid As Syajaroh Mekah

Masjid As-Syajaroh, Ma'la, Al-Hujun, Mekah Al-Mukarromah.

Masjid As Syajaroh adalah salah satu masjid tua dan bersejarah di kota Mekah Al-Mukarromah. Lokasi masjid ini berseberangan dengan Masjid Jin di perkampungan Ma’la, kawasan Al-Hujun, kota Mekah. Lokasi masjid ini sangat dekat dengan pamakaman muslim Ma’la. Masjid mungil ini berdekatan dengan Masjid Jin meski ukurannya jauh lebih kecil. Masjid ini terawat dengan baik lengkap dengan segala fasilitas penunjangnya dan telah diperbaharui oleh pemerintah Arab Saudi di tahun 1421H bersamaan dengan Masjid Jin.

Secara harfiah Syajarah berarti pohon. Disebut demikian karena masjid ini dibangun di bekas tempat sebuah pohon yang menjadi salah satu mu’jizat Nabi Muhammad S.A.W. berbagai riwayat menyebutkan bahwa Rosulullah memanggil pohon tersebut untuk datang kehadapan Beliau. Dengan izin Allah, pohon tersebutpun berjalan menghampiri Rosulullah dan kemudian kembali lagi ke tempatnya semula mengikuti perintah Rosulullah.

Masjid e Shajar
Al Hujun, Mecca 24231, Saudi Arabia


Ada beberapa hadist yang menerangkan tentang mukjizat Rosulullah yang mampu memanggil pohon, salah satunya dari jalur Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Hakim.

dia berkata, "Kami pernah bersama Rasulullah SAW dalam sebuah perjalanan, lalu ada seorang badui menuju kepadanya. Ketika sudah dekat Beliau bertanya kepadnya, "Hendak kemanakah kamu?" Dia menjawab, "Hendak ke keluargaku." Beliau bertanya: "Apakah hendak menuju kepada kebaikan?" Dia menjawab, "Apakah itu?" Beliau bersabda, "Kamu bersaksi bahwasanya tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah; tiada sekutu bagi-Nya, bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya."

Dia bertanya, "Apakah ada yang bersaksi atas apa yang kamu katakan?" Beliau menjawab, "Pohon ini." Lalu Rasulullah SAW memanggil pohon itu yang berada di pinggir lembah. Pohon itu membelah bumi berjalan menghadap Beliau, lalu berdiri tepat di hadapannya. Beliau meminta agar ia bersaksi tiga kali, maka pohon itu pun bersaksi bahwa Beliau itu seperti apa yang dikatakannya.

Kemudia pohon itu kembali ke tempat semula dan orang badui itu kembali kepada kaumnya; dia berkata, "Jika mereka mau mengikutiku aku akan datang kepadamu bersama mereka. Jika tidak, aku akan kembali kepadamu sendirian dan aku akan bersamamu."

Terkait dengan peristiwa yang demikian itu, ummat Islam wajib untuk menyakini-nya dan tidak perlu berfikir keras untuk memahami bagaimana caranya pohon bisa berjalan, memahami dan mematuhi perintah Rosulullah. Demikian itulah sikap dari para sahabat dan kaum muslimin terdahulu.

Kini Masjid Syajaroh menjadi salah satu masjid pavorit untuk dikunjungi oleh Jemaah umrah ataupun Jemaah haji dari berbagai Negara termasuk Jemaah dari Indonesia, karena lokasinya yang memang tidak terlalu jauh dari komplek Masjidil Aqso, dan berdekatan pula dengan Masjid Jin dan pemakaman Ma’la yang memang menjadi destinasi yang kerap kali dikunjungi oleh para Jemaah yang sedang berada di kota suci Mekah.***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA