Sabtu, 14 April 2012

Masjid Jami’ Al-Muttaqiin Pegaulan, Cikarang

Masjid Jami Al-Muttaqiin Pegaulan, Cikarang Selatan

Al-Muttaqiin, orang orang yang bertaqwa, indah bukan nama masjidnya. Masjid besar dan megah ini berada di ruas jalan super sibuk Cikarang antara kawasan industri Jababeka dan Lippo Cikarang. Kemacetan parah sudah menjadi pemandangan rutin di ruas jalan di depan masjid ini di jam jam sibuk. Parahnya lagi kadang kala di bukan jam sibuk pun kemacetan tetap mewarnai ruas jalan ini.

Tak ada halaman di Masjid Jami Al-Muttaqiin posisinya persis di tepian ruas jalan Cikarang – Cibarusah. Tidak ada tempat yang cukup untuk parkir kendaraan roda empat selain di tepi jalan. Bangunan masjid ini juga sudah terkepung oleh bangunan disekelilingnya.

Lokasi Masjid Jami’ Al-Muttaqiin

Masjid Jami' Al-Muttaqiin - Pegaulan
Jl. Raya Cikarang - Cibarusah, Kp. Pagaulan
Desa Sukaresmi, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia


Masjid Jami Al-Muttaqiin dibangun dua lantai dengan konstruksi beton bertulang, di dalam masjid ini terasa adem, tenang meski sedikit berisik oleh suara lalu lintas kendaraan. Dinding beton masjid yang massif ditambah dengan penggunaan pintu kaca rapat cukup membantu meredam bisingnya jalan raya.

Sisi Mihrab dari luar

Letak Masjid berada disisi timur jalan raya, sisi kiblat dan mihrab masjid hanya dipisahkan oleh trotoar dengan jalan raya. wajar bila kemudian dinding masjid ini dibuat masif dengan bahan beton, jendela jendela kaca dan pintunya pun dibuat demikian rapat untuk mengurangi kebisingan dari lalu lalang kendaran bermotor.

Nama Masjid di bagian depan

Mihrab masjid sisi luar menghadap ke jalan raya menggunakan langgam eropa dengan dua pilar bundar berukuran besar. Lengkungannya dihias dengan kaligrafi Al-Qur'an. Untuk penerangan alami disisi atas mihrab dilengkapi dengan ventilasi cahaya menggunakan glas es segi empat disusun mengikuti lengkungan diatasnya. Nama masjid di pasang pada lengkungan beton disisi atas, cukup nyentrik.

Interior Masjid di lantai dasar

Hamparan sajadah warna merah menyala menyebarkan suasana cerah di dalam masjid. bangunan masjid dua lantai ini dilengkapi area void disisi depan, jelas menunjukkan bahwa lantai dua masjid ini juga difungsikan sebagai area sholat. Mihrab masjid yang terlihat menonjol dari luar disi dalamnya tampak terang benderang dari cahaya alami yang meneros masuk dari ventilasi.


Interior masji di lantai dua

Area lantai dua Masjid Jami' Al-Muttaqiin dengan deretan pilar beton bundar. kesemua pilar beton ini dicat sedemikian rupa menyerupai batu pualam, untuk memberikan kesan alami. sementara lantainya menggunakan bahan keramik. di hari Jum'at area ini sangat terasa manfaatnya untuk menampung jemaah Sholat Jum'at dari masyarakat muslim sekitar masjid.


pernak pernik interior

Lampu gantung, Mihrab dan Mimbar dan hamparan sajadah panjang memang sudah menjadi ciri khas interior masjid. mimbar di masjid ini tidak berbentuk tangga tapi menggunakan mimbar berpodium ukuran kecil terbuat dari kayu berukir.

Demo buruh Cikarang

27 Januari 2012 lalu, Masjid Jami' Al-Muttaqiin Pegaulan ini menjadi saksi bisu ketika ribuan buruh dari berbagai serikat buruh bergabung ke dalam aksi Buruh Bekasi Bergerak (BBB) melakukan demo dengan longmarch dari kawasan Industri Jababeka ke Kawasan Lippo Cikarang menuntut penetapan UMK berdasarkan SK Gubernur Jabar dan meminta PTUN Bandung menolak gugatan Apindo. demonstrsai BBB tersebut berakibat pada lumpuhnya Cikarang hingga ke Jakarta sejak pagi hari hingga dini hari.

-----------------------ooOOOoo-----------------------