Senin, 30 April 2012

Masjid At-Thoybah Bumi Cikarang Makmur, Cikarang Selatan

Masjid At-Thoybah Bumi Cikarang Makmur (BCM) 30 April 2012

Kali ini berkesempatan magriban (sholat magrib) di Masjid Atthoybah Bumi Cikarang Makmur, di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Tak seberapa jauh sih dari tempat kerja masih dalam radius dua kilo meteran bila ditarik garis lurus, tanpa harus berputar putar.

30 Januari 2011 lalu, terahir singgah ke masjid ini, fotonya kusimpan di panoramio, masjid Attaubah masih dalam bentuk aslinya belum ada bangunan tambahan. Dan waktu setahun rupanya sudah merubah bentuk masjid ini.

Lokasi Masjid At-Thoybah

Masjid Atthoybah
Perumahan Bumi Cikarang Makmur
Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat – Indonesia

Koordinat Geografi : 6° 21' 5.54" S  107° 6' 41.40" E

Dari perempatan Lippo Cikarang ke arah Cibarusah, melewati gerbang timur kawasan EJIP, Pasar Sentral Lippo, Gerbang Perumahan Villa Mutiara. Tiba di Masjid Al-Muqorrobin Kandang Roda disebelah kanan jalan, disebelahnya ada jalan beton, masuk kesana. Belokan pertama ke kiri itu adalah jalan menuju komplek perumahan Bumi Cikarang Makmur (BCM).


Lihat Masjid Attaubah BCM di peta yang lebih besar

Setahun berlalu sejak Januari 2011 lalu, masjid Thoybah sudah berubah bentuk, ada bangunan tambahan disi depannya (sisi timur) yang ukurannya sedikit lebih luas dari bangunan utamanya sendiri. Hal yang wajar, mengingat masjid ini merupakan masjid utama di komplek perumahan satu ini. Masjid utama, pertama dan terbesar.

Jemaah sholat magribnya saja sudah nyaris memenuhi seluruh ruang utama masjid. Bisa dibayangkan pada pelaksanaan Sholat Jum’at dapat dipastikan ruang utama masjid ini tidak akan mampu menampung seluruh jemaah. Dapat dimaklumi bila kemudian dibangun bangunan tambahan di depan masjid bagi perluasan tempat sholat.

Masjid At-Thoybah Bumi Cikarang Makmur 30 Januari 2011
Berdasarkan plakat pembangunan masjid yang dipasang di dinding depan, disebutkan bahwa masjid ini dibangun dengan dana bantuan dari Liga Muslim Sedunia atau Word Islamic League atau Rabithah Al-Alam Al-Islami, pada tahun 1430 H , dengan nama Masjid Thoybah.

Liga Muslim juga mendanai pembangunan gedung madrasah yang bersebelahan dengan masjid ini (di sisi selatan) tempat anak anak mengaji.  Sholat berjamaah Magrib di masjid Thoybah memang turut diramaikan oleh anak anak yang tampaknya merupakan santri santri dari madrasah ini yang siap siap untuk mengaji. (Cikarang, 30 April 2012)

 bangunan tambahan di sisi timur (di depan) masjid At-Thoybah Bumi Cikarang Makmur
cukup luas bahkan lebih luas dari bangun utama masjid nya.
Plakat pembangunan masjid At-Thoybah Bumi Cikarang Makmur
Teras sisi utara dari tempat berwudhu mengarah ke bangunan tambahan
Ruang Sholat utama ba'da magrib
Mengarah ke timur
mengarah ke barat, ke pintu utama masjid.
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya