Selasa, 16 Agustus 2011

Masjid Al-Muqorrobin, Kandang Roda – Cikarang Selatan

Masjid Al-Muqorrobin
Berada persis di sisi kanan jalan raya menuju Serang dan Cibarusah dari arah Pasar Sentral Lippo Cikarang, tak jauh dari gerbang perumahan Villa Mutiara Cikarang. Masjid Al-Muqorrobin ini berdiri kokoh dengan nuansa hijau menghias hampir keseluruhan bangunannya.

Lokasinya yang persis di pinggiran jalan memang agak menyulitkan untuk parkir kendaraan bermotor. Hanya tersisa sedikit ruang saja di bagian depan masjid untuk lahan parkir beberapa sepeda motor. Kendaraan roda empat mau tidak mau harus parkir di sisi jalan raya.




Namun posisinya itu juga yang membuat jemaah masjid ini tak pernah sepi dari jemaah sholat lima waktu, meski hanya memenuhi lantai satu masjid dua lantai ini.

Sejatinya masjid Al-Muqorrobin ini terdiri dari dua bangunan terpisah. Satu bangunan untuk jemaah ihwan (laki laki) dan satu bangunan khusus untuk jemaah Ahwat (wanita). Cukup menarik bukan ?. jadi jemaah ihwan dan ahwat di masjid ini tak kan pernah bertemu dalam satu ruangan.

Masjid Al-Muqorrobin diantara lalu lintas kendaraan ke arah pasar serang
Tempat wudhu dan toilet disediakan di sisi barat masjid, melewati sisi utara masjid. Pasokan air melimpah jadi tak perlu khawatir tak ada air untuk bersuci.  Masjid ini juga berada di sisi jalan masuk menuju beberapa komplek perumahan.  Di simpang jalan tersebut menjadi tempat mangkal para tukang ojek yang menawarkan jasa angkutan menuju komplek komplek perumahan tersebut.

Arsitektural Masjid Al-Muqorrobin

Arsitektural masjid ini memadukan berbagai unsure seni bina bangunan masjid. Dibangun berlantai dua, atap masjid ini perpaduan antara atap limas bersusun sebagai cirri khas masjid Indonesia dengan kubah di bagian tertinggi, kubah merupakan cirri universal sebuah bangunan masjid.

Masjid Al-Muqorrobin di lihat dari jalan raya dari arah Pasar Serang
Lengkungan lengkungan menjadi bentuk utama dari teras depan masjid hingga ke bukaan dinding di lantai dua. Lengkungan dalam seni bina masjid juga menjadi salah satu cirri dari sebuah masjid secara universal. Sentuhan eropa juga ditemui dalam bentuk bentuk pilar bundar di teras depan masjid dan sisi kiri dan kanan Mihrab.

Masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah menara yang dibangun menyatu dengan struktur masjid. Sementara di bagian atap masjid juga dilengkapi dengan ornament kubah yang lebih kecil dari kubah utama, masing masing kubah dilengkapi dengan lambang bulan sabit dan bintang. Sedangkan diujung dua kubah utama dan kubah menara dipasang lafaz Allah.


Menara dan kubah masjid Al-Muqorrobin
Sejarah Masjid Al-Muqorrobin

Sejauh ini penulis belum mendapatkan informasi tentang sejarah pembangunan masjid ini. sudah berapa lama berdiri disana, siapa pendiri dan pembangunnya dulu dan lain lain. Namun kehadirannya di lokasi jalan lintas Cikarang – Cibarusah menghadirkan satu alternative tempat singgah untuk menunaikan sholat bila anda sedang melintas di jalur tersebut.

Jangan sungkan menghubungi saya di bujanglanang@gmail.com bila anda memiliki informasi seputar masjid ini atau untuk sekedar besilaturrahmi.

Kubah dan menara masjid Al-Muqorrobin dilihat dari lantai dua masjid Minhajul -
Istiqomah - Kampung Kukun.
Khusus Ahwat
Ruang Sholat khusus Jemaah Ahwat
Masjid Al-Muqorrobin dilihat dari Villa Mutiara
Interior Masjid Al-Muqorrobin
--------------------------------

Data Base Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan (silahkan klik)