Senin, 21 Mei 2012

Musholla Nurussa'adah, Gema Lapik, Pasir Konci


Masjid Nurussaadah, begitu namanya. Mungil di tepian ruas jalan Gema Lapik, Pasir Konci, Cikarang Selatan. Ruas jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif menghindari kemacetan di jam jam sibuk jalan utama Jababeka - Lippo Cikarang, meskipun jarak tempuh menjadi semakin jauh tapi waktu tempuhnya jauh lebih singkat.

Nama jalan yang membentang di depan musholla ini tadinya merupakan nama perusahaan asing yang beroperasi di kawasan itu, meski perusahaannya sendiri sudah berganti nama lalu tutup sekian tahun lalu tapi namanya kemudian nempel di nama jalan ini.

Lokasi dan Alamat Musholla Nurussa'adah

            Musholla dan Majelis Ta'lim Nurussa'adah
            Jl. Gema Lapik Pasir Konci
            Desa Pasir Sari RT. 18/06
            Kecamatan Cikarang Selatan, Kab. Bekasi
            Jawa Barat - Indonesia


Lihat Musholla dan Majelis Ta'lim Nurussa'adah di peta yang lebih besar

Sebagaimana ditulis di papan namanya, Musholla ini  juga menjadi basis majelis ta'lim Nurussa'adah. Bila sedang ada acara pengajian, ramai sekali ibu ibu berkumpul disana.

Riwayat Pembangunan Mushola Nurussa'adah

Selembar plakat kecil ditempelkan di dinding depan musholla, menerangkan riwayat pembangunan nya. disebutkan bahwa Musholla Nurussa'adah diresmikan pada tanggal 6 September 2006 oleh H. Didin Syamsudin, mewakili keluarga besar H. Ma'mun (Alm.). Pembangunannya didanai dari donatur utama H. Mawi S. (Kepala Desa Pasir Sari).

Mushola Nurussa'adah dari seberang jalan

Arsitektutal Mushola Nurussa'adah

Sesuai dengan fungsinya sebagai mushola, ukurannya tak terlalu besar. satu shafnya cukup untuk menampung 12 jejeran sajadah merah yang sudah dibentang rapi di dalam musholla itu. Bentukya sama seperti kebanyakan mushola dan masjid di tanah air, dengan atap limas bersusun tiga, dipuncak atap tertinggi dipasang sebuah kubah mini.

Atap paling bawah sekaligus menjadi atap dari teras musholla. Bangunan mushola ini berada di sebelah selatan jalan raya Gema Lapik, bagian musholla yang menghadap jalan raya adalah sisi utara termasuk beranda dan pekarangan depannya yang sudah di tutup rapi dengan paving blok dan setengahnya sudah ditutup dengan kanopi.

Lebih dekat 
Tempat wudhu dan toilet berada di sisi timur, dan tak usah khawatir dengan pasokan air untuk berwudhu dan bersuci. Mushola ini menggunakan jasa PDAM untuk pasokan airnya. lokasinya yang berada ditepian jalan raya, cukup nyaman buat singgah sejenak di pagi hari untuk sekedar sholat sunnat sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat kerja. Silahkan mampir (Cikarang, 21 Mei 2012) 

Interior Musholla Nurussa'adah
Kanopi di depan mushola dari balik pilar serambi
Area berwudhu & Toilet musholla Nurussa'adah
plakat pembangunan mushola Nurussa'adah dipasang di dinding depan mushola

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya