Jumat, 23 Desember 2011

Masjid As-Salam Pasar Serang – Cikarang

Masjid As-Salam Pasar Serang, Cikarang Selatan

Bila anda sedang berada disekitar pasar Serang – Cikarang ketika waktu sholat tiba, masjid ini bisa menjadi alternatif untuk disinggahi. Disamping masjid ini juga berdiri sebuah pendopo terbuka yang juga bisa dipakai untuk duduk santai beristirahat melepas lelah.

Masjid Assalam berada tak jauh dari Pasar Serang – Cikarang, beberapa puluh meter setelah melewati pasar Serang, sebelum sampai ke POM bensin pasar Serang dan belokan ke arah kantor Pemda Kabupaten Bekasi, Masjid Assalam berada disisi kiri jalan ke arah Cibarusah.

Masjid Jami As-Salam
Jl. Raya Serang Cibarusah,Cikarang
Desa Serang, Kec. Cikarang Selatan.
Kab.Bekasi, Jawa Barat 17530




Ukuran bangunan utamanya sebenarnya tak terlalu besar namun kemudian ditambahkan bangunan tambahan dibelakangnya. Oh ya, Masjid Assalam ini berada di sisi timur jalan Raya Cikarang – Cibarusah jadi dengan sendirinya sisi Mihrab Masjid ini menghadap ke jalan raya.

Interior Masjid As-Salam Pasar Serang, Cikarang Selatan.

Bangunan utamanya berupa bangunan kubus beratap limas bersusun tiga seperti kebanyakan masjid masjid tradisional khas Indonesia. Struktur rangka atapnya dirancang cukup kokoh hingga tidak membutuhkan sokoguru di tengah masjid untuk menopang struktur atap.sehingga ruang tengah masjid ini terasa lebih lega tanpa ada tinag penopang.

Bangunan Mihrabnya yang cukup unik dibangun cukup tinggi dengan atap cor dilengkapi dengan satu kubah bawang. Yang membuat masjid ini menjadi lebih luasa adalah bangunan tambahan di sisi kiri kanan dan belakangnya. Bangunan tambahan yang terbuka tanpa dinding.

Area tambahan dibelakang bangunan utama.

Area tambahan disisi belakang jauh lebih luas dari bangunan utamanya sendiri. Sangat lega untuk menampung jemaah yang membludak di hari Jum’at. Di bagian belakang masjid ini juga dilengkapi dengan bangunan berlantai dua untuk madrasah, berdempetan dengan tempat wudhu dan toilet. Masih tersisa lapangan terbuka cukup lega diantara geung madrasah dan Masjid disisi belakang.

Dan, sepertinya masjid ini sudah cukup tua walaupun bangunannya yang kini berdiri tampak sebagai bangunan baru, di sisi selatan dan di barat masjid (sisi jalan raya) terdapat cukup banyak makam kaum muslimin terdahulu.

Teras utara masjid As-Salam, bangunan yang tampak disebelah adalah bangunan pendopo disamping masjid.
Dari sudut ini terlihat jelas atap masjid yang berbentuk limas bersusun tig akhas Indonesia. Di sisi kiri tampak makam kaum muslimin. Foto dari lantai dua bangunan sekolah.
Bangunan madrasah dibelakang masjid, sedang dalam proses penyelesaian. Di sisi kiri adalah bangunan tempat wudhu dan toilet.
Bangunan utama masjid As-Salam

-----------------------ooOOOoo-----------------------

Baca juga artikel masjid masjid Cikarang lainnya