Rabu, 05 Oktober 2011

Masjid Al-Jihad, Graha Pemda, Cikarang Baru

Bangunan baru setelah renovasi

Lokasi Masjid Al-Jihad Graha Pemda

Perumahan Cikarang Baru, Jababeka
Sektor Graha Asri,  Sub sector Graha Pemda
Desa Simpangan, kecamatan Cikarang Utara
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat




Tentang Masjid Al-Jihad

Dalam rekaman foto udara tanggal 20 Juli 2003 di aplikasi google earth bangunan masjid ini masih dalam bentuk dan ukuran yang lama. Pada awalnya bangunan masjid ini memang berupa bangunan masjid kecil beratap limas bersusun. Di dalam masjid berdiri 4 sokoguru penyanggah struktur atap yang masih menggunakan struktur kayu. Berdiri di lahan fasos/fasos sub sektor graha pemda.

Tanpa menara sehingga pengeras suara diletakkan di bagian atap tertinggi

Tadinya lahan di sisi utara masjid ini masih berupa lahan kosong  sedangkan disisi selatannya memang sejak awal sudah berdiri gedung mejelis taklim. Saat ini di sisi utara sudah dibangun Sekolah Dasar Negeri Simpangan 03. Bangunan masjid nya sendiri sudah menjelma menjadi bangunan masjid yang jauh lebih besar dan lebih megah dari bangunan sebelumnya. 

Proses pembangunan masjid yang kini berdiri sudah dimulai sedikit demi sedikit sejak tahun 2005-2006. Seluruh dana pembangunan berasal dari swadaya jemaah.  Ketika dalam proses pembangunan masjid lama tetap difungsikan, bahkan sampai ketika rangka atap sudah terpasangpun masjid lama masih dipakai menghasilkan pemandangan yang cukup unik karena ada bangunan masjid di dalam masjid yang sedang dalam proses pengerjaan.

Dari balik jendela kaca

Di tahun 2005-2006 itu juga setiap kali ke masjid ini selalu saja langsung ingat dengan penderitaan rakyat Palestina yang dijajah habis habisan oleh Israel. Kok bisa ?. iya ! bila kita mendongak ke atas, akan langsung terlihat plafon bagian tengah masjid di hias dengan ornamen bintang segi enam. Kita tahu bintang segi enam atau bintang David itu sejak lama sudah dijadikan lambang Negara Israel. Agak miris juga dalam hati, bila terpikir bahwa lambang Negara yang notabene setiap hari membantai rakyat Palestina itu justru terpampang di plafon masjid.

Alhamdulillah, Sejak sekitar setahun lalu, hasilnya sudah terlihat dan kini masjid Al-Jihad sudah menjelma menjadi masjid yang jauh lebih besar dan megah dibandingkan masjid sebelumnya. Arsitektur asli Indonesia dengan atap limas masih dipertahankan meski tanpa empat sokoguru penyanggah atap digantikan dengan tiang tunggal yang berdiri di tengah ruangan masjid., dan ornamen bintang segi enam itupun sudah tak ada lagi. 

Di dalam masjid

Pengajian rutin diselenggarakan di masjid ini tiap malam ahad, sedangkan pengajian bakda subuh diselenggarakan setiap hari Sabtu, lengkap dengan hidangan sarapan pagi bagi seluruh jemaah yang hadir disediakan oleh DKM di terasnya yang cukup lega itu.

Peringatan hari hari besar Islam tentu saja turut menyemarakan masjid ini termasuk peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W. Hari Raya Anak Yatim dan perayaan perayaan hari besar Islam lainnya.  Melengkapi syiar islam di Graha Pemda di sisi barat masjid ini juga sudah berdiri Lembaga Pendidikan Islam Daarul Hijrah yang dikelola oleh Ustadz Syarifudin Djatnika. Ustadz muda ini adalah salah satu pengisi acara tetap di Radio Gema Annisa Cikarang. 

Foto Foto Masjid Al-Jihad, Graha Pemda

Teras depan
Pintu utama masjid Al-Jihad
Jemaah sholat Tarawih berjamaah di bulan Romadhon 1432H

-----------------------ooOOOoo-----------------------

Baca Juga Artikel Masjid Masjid Di Cikarang Lain nya