Senin, 14 Maret 2011

Masjid Darul Falah, Kampung Panjalin

Masjid Darul Falah Kampung Panjalin, Desa Pasirsari, Cikarang Selatan.

Kesan mendalam dan kenangan manis tak selalu identik dengan kemegahan dan kemewahan, seperti kesan dan kenanganku terhadap masjid ini. Sekian tahun lalu di masjid ini untuk pertama kali aku mengenal begitu banyak ulama dan tokoh masyarakat Cikarang. Persaaan nyaman dan tentram berada diantara para ulama benar benar terasa ketika itu, bersama dua sohib yang kini sudah sangat sulit untuk sekedar berkumpul bersama lagi karena kesibukan di kehidupan masing masing.

Masjid Darul Falah
Jl. Masjid, Kampung Panjalin
Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat


Bagi warga Cikarang yang belum tahu, masjid ini berada ditengah tengah kampung Panjalin. Kampung Panjalin sendiri menjadi salah satu wilayah pemukiman penduduk yang terkepung oleh komplek perumahan dan kawasan Industri Jababeka II. Letaknya berada di belakang Wisma Matel di depan RS. Harapan Internasional Cikarang Baru.

Dari perempatan RS Harapan Internasional, belok ke jalan Industri selatan disamping Wisma Matel dan PT. Fuji Seimitsu, hanya beberapa meter dari prapatan tersebut ada gerbang masuk ke pemukiman penduduk disebelah kiri, jalan kecil ini bernama Jalan Masjid, tembus ke perumahan di jalan Kedasih Cikarang Baru, hanya sekitar 30 meter dari gerbang itu masjid ini berada. Jalan ini sendiri diberi nama jalan masid karena adanya bangunan masjid ini.

Masjid Darul Falah dibangun berlantai dua, sebagian dari lantai dua masjid ini bediri diatas jalan. Artinya bila kita melintas jalan Masjid di kampung panjalin kita akan melewati kolong masjid ini. Dapat difahami karena memang keterbatasan lahan di lokasi tersebut memaksa jemaah membangun masjid ini dengan bentuk sedemikian.

Masjid sederhana ini dibangun beratap limas bersusun lengkap dengan kubah kecil di puncaknya. Ruang lantai dasar masjid ini tak terlalu luas, Dari kejauhan masjid ini benar benar tampak terjepit diantara rumah rumah penduduk.  Keran air untuk berwudhu di pasang di tembok rumah penduduk di pinggir jalan di kolong bangunan lantai dua masjid.

Kangen-lah yang membawaku kembali untuk sekedar mampir sejenak ke masjid ini minggu pagi yang lalu. Menyusuri kampung ini setapak demi setapak sembari mengingat dan mengambil hikmah dari perjalanan di hari hari yang lalu.

Foto Foto Masjid Darul Falah Kampung Panjalin

Dari susut ini dapat dilihat bentuk masjid Darul Falah Panjalin diantara rumah rumah penduduk.
Hiasan profil diatas jendela dan pintu Masjid Darul Falah
Ruas jalan di kolong sekaligus pekarangan masjid Darul Falah, keran tempat wudhu ada di kiri.
Masjid Darul Falah dilihat dari kejauhan yang terlihat hanya atap masjid menyembul diantara atap rumah penduduk