Jumat, 14 Oktober 2011

Masjid Al-Muhajirin – Graha Mattel

Di lingkungan ini ada dua masjid berdekatan yakni Masjid Al-Muhajirin ini dan Masjid Al-Jihad di Graha Pemda yang lokasi komplek-nya bersebelahan. 

Pecinta boneka Barbie pastinya cukup familiar dengan nama Mattel, perusahaan yang memproduksi dan pemegang hak cipta dari boneka paling laris di dunia itu. Graha Mattel tempat masjid Muhajirin ini berada memang merupakan sub sector dari Sektor Graha Asri – Cikarang baru yang dihuni oleh karyawan – karyawati PT. Mattel ndonesia.

Dan sesuai dengan nama masjid nya “Al-Muhajirin” mayoritas jemaah masjid ini merupakan kaum muhajirin alias pendatang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, yang kemudian datang ke Cikarang dan bekerja di berbagai perusahaan yang beroperasi di wilayah CIkarang termasuk Mattel. Kepengurusan DKM Masjid Al-Muhajirin Graha Mattel saat ini diketuai oleh Ustadz Mahmud AG.

Jema'ah sholat Tarawih yang meluber hingga ke lapangan

Alamat dan Lokasi Masjid

Jl. Cisadane Raya, Sub Sektor Graha  Mattel, Sektor Graha Asri
Perumahan Cikarang Baru,Desa Simpangan
kecamatan Cikarang Utara. Kabupaten Bekasi  17836




Pembangunan Masjid

Berdasarkan plakat pembangunan masjid yang dipasang di dinding sisi depan disebelah kanan pintu masuk sebelah timur, masjid ini dibangun dengan dana sumbangan dari Organisasi Islamic Relief Internasional tahun 2004 yang lalu. Islamic Relief International memeberi nama Masjid Toyibah untuk masjid ini namun pengurus dan jemaah lebih memilih menggunakan nama Masjid Al-Muhajirin.

Arsitektural 

Mengingat danan pembangunan masjid ini berasal dari timur tengah, tak mengherankan bila bangunan masjid nya pun dibangun dalam arsitektur timur tengah. Masjid beton berkubah tunggal ditambah dengan satu bangunan menara terpisah dari bangunan masjid.  Empat tiang beton di tengah masjid menopang struktur atap beton bangunan. Masjid yang cukup besar dan cukup memadai untuk menampung jemaah dari warga sekitar.  Saat ini dihalaman masjid sudah berdiri gedung TPA bagi anak anak. TPA yang juga dikelola oleh DKM Masjid Al-Muhajirin.

Interior dan menara masjid Al-Muhajirin
tampak depan di pagi hari
tampak depan di sore hari
Dari sudut yang lain