Kamis, 22 Desember 2011

Masjid Al Muawanah, Rawa Banteng, Cikarang Timur

Masjid Al-Muawanad Rawa Banteng dilihat dari arah Masjid Jami' Al-Mujahidin.

Kampung Rawa Banteng bersebelahan dengan kawasan pengembangan baru Jababeka di Cikarang. Elevasi kampung Rawa Banteng terlihat lebih tinggi dari Kawasan perumahan jababeka permukaan tanah di kampung ini yang lebih tinggi di gali untuk diratakan dengan permukaan lahan Jababeka lainnya, tanah dari sana diangkut untuk dijadikan tanah urukan di lahan lain yang lebih rendah. Berdiri di salah satu sudut kampung Rawa Banteng memberi pemandangan cukup menarik menghadap ke Perumahan Jabebeka diterpaan angin semilir karena lokasinya yang menjadi jauh lebih tinggi.

Lokasi & Alamat Masjid Al-Muawanah

Kampung Rawa Banteng RT 001/04
Desa Sertajaya, Kecamatan CIkarang Timur
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat




Tentang Masjid Al-Muawanah Rawa Banteng

Dari kejauhan, kubah masjid ini terlihat begitu anggun diantara hijaunya pepohonan di kampung rawa banteng. Foto diatas dan  foto lainnya di abadikan pada bulan Maret dan Desember 2011.  

Masjid Al-Muawanah ditengah kampung Rawa Banteng.

Menurut plakat pembangunan masjid yang dipasang di dinding luar masjid di sisi jalan disebutkan bahwa masjid ini dibangun atas bantuan dari Bulan Sabit Merah Qatar tahun 2009 yang lalu. Di lokasi masjid ini juga berdiri Pondok Pesantren Yatim Piatu dengan nama Pesantren Yatim Al-Muawanah.

Pondok Pesantren Al-Muawanah dibina oleh Ust. Mustofa, Saat ini membina 20 an santri yatim dan dhuafa. Tanggal 23 Desember 2011 pnopes ini di ramaikan oleh siswa siswi dari Sekolah Islam Al-Ichwan Pasir Gombong yang menyelenggarakan acara latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) dan menginap di ponpes ini.

Masjid Al-Muawanah di malam hari

Akses menuju ke Masjid Al-Muawanah

Akses menuju masjid Al-Muawanah sekarang sudah lebih mudah seiring dengan selesainya pembangunan prasarana jalan di kawasan baru Jababeka yang sedang dipersiapkan disekitar bakal stadion Kabupaten Bekasi di Kawasan Jababeka di ujung jalan cluster Tropikana setelah melewati Jembatan, belok ke kanan.  

Bisa juga di capai dari jalan Simpangan menuju Kali Malang, dari arah Bapelkes Lemah Abang, setelah melewati proyek pembangunan Stadion ada ruas jalan belok ke kanan, itu adalah jalan H. Ucik Sanusi, masuk ke Kampung Rawa Banteng, ikuti jalan tersebut sampai di Masjid Al-Mujahidin Rawa Banteng, lihat ke sebelah kiri jalan di kejauhan telihat kubah masjid Al-Muawanah diantara rindang pepohonan seperti pada Foto di atas. Di Google Maps masjid ini belum eksis, tapi saya berikan penanda di lokasinya saat ini.

Selamat berkunjung.

Plakat pembangunan masjid Al-Muawanah
Dipandang dari Masjid Al-Mujahidin 
Mungil dengan kubah bewarna pink ditengah tengah kampung
-----------------------ooOOOoo-----------------------

Baca Artikel Masjid Masjid Cikarang Lainnya