Minggu, 03 April 2011

Masjid Jami' Nurul Jannah, Masjid Merah Muda di Kampung Pamahan

Masjid Jami Nurul Jannah, Kampung Pamahan, CIkarang Timur

Di tengah tengah kampung Pamahan, desa Jatireja, kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, diantara rumah rumah penduduk di dalam gang kecil, masjid berwarna merah muda ini berdiri kokoh dengan anggun, lengkap dengan kubah besar di atap beton nya.

Lokasi dan Alamat Masjid Jami’ Nurul Jannah

Kampung Pamahan RT. 13/06
Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
Koordinat Geografi :  6°17'14.82"S 107°10'44.56"E


View Masjid Jami' Nurul Jannah in a larger map

Kampung Pamahan dapat dicapai dari pertigaan Bapelkes Lemah Abang, melewati jalan simpangan ke arah Kali Malang. Berada dalam gang kecil dan tak terlihat dari jalan raya. Kubah besar nya itu justru bisa terlihat sayup sayup dari kejauhan dari arah jalan yang membentang di depan gedung sekolah Al-Azhar Cikarang Baru. Bisa juga dilhat kubah nya itu dari arah lokasi pencucian mobil tak jauh dari muara gang menuju ke masjid ini.

Papan Nama Masjid ini dipasang di muara gang menjadi satu satunya penunjuk arah keberadaan masjid ini. Bangunannya kokoh dengan serangkaian pilar pilar beton pipih di ketiga sisinya.

Eksterior Masjid Nurul Jannah Pamahan ::: foto kanan atas adalah foto masjid Nurul Jannah dari arah pencucian mobil dipinggir jalan Pamahan dari arah Bapelkes, sementara foto kanan bawah foto masjid Nurul Jannah dari arah Sekolah Al-Azhar Cikarang Baru.
Sengaja mampir ke masjid ini pagi sabtu minggu lalu sempat berkenalan dan bual bual mesra dengan Kang Suhendi salah satu warga setempat yang kediamannya hanya berjarak beberpa meter dari masji ini.

Menurut penurutan beliau masjid ini memang dibangun dari dana yang dihimpun dari warga sekitar dan sokongan dana dari berbagai pihak, maklumlah bila harus membangun sendiri dengan dana warga, sudah pasti akan sangat berat untuk membangun masjid sebesar dan semegah itu.

Ekterior Masjid Nurul Jannah Pamahan ::: Papan nama pada foto kanan bawah adalah satu satunya penanda lokasi masjid dalam gang ini, mengingat masjid ini memang sama sekali tak terlihat dari jalan raya simpangan, karena letaknya yang tersembunyi dalam gang terhalang oleh rumah rumah penduduk.
Inilah salah satu keindahan negeri ini, kemanapun pergi melangkahkan kaki, disana masjid dapat ditemui. Disana pula dapat dijumpai orang orang yang ramah menyapa meski belum saling kenal satu sama lain. Tak ada alasan tak mampu membangun masjid, meski kemampuan terbatas, meski pembangunan berjalan lamban, meski hambatan tak sedikit.

Masjid masjid kampung di negeri kita ini benar benar masjid jemaah, milik bersama, tak tergantung pada satu intitusi atau lembaga lembaga tertentu untuk menjalankan operasionalnya. Tak tergantung pada ada atau tidak imam berkompetensi tinggi, lulusan lembaga pendidikan ternama untuk membuatnya tetap menjalankan fungsinya.

Interior Masjid Nurul Jannah Pamahan ::: langit langit masjid ini masih butuh sentuhan ahir untuk memolesnya agar tampak lebih apik dan indah. empat sokoguru berdiri kokoh ditengah masjid menyanggah struktur atap betonnya.
Bandingkan dengan Negara Negara Eropa timur yang diesbut oleh beberapa media, lebih memilih menutup masjid dari layanan kepada jemaah hanya karena ketiadaan imam tetap. Sampai dititik tersebut, cukup membanggakan menjadi bagian dari negeri yang senantiasa menjunjung azas gotong royong ini. Kata yang nyaris tak terdengar lagi tapi masih menjadi ruh dalam pembangunan masjid atau mushola di kampung kampung belahan manapun dari bumi pertiwi ini.

Masjid Jami’ Nurul Nurul Jannah masih butuh sedikit polesan ahir untuk membuatnya lebih indah dan tentu saja butuh dana untuk itu. Silahkan bila ingin turut ambil bagian menorehkan nama di masjid ini. Bingung untuk mencapai lokasi ini ? atau lokasi masjid manapun yang pernah saya tulis artikelnya di blog ini ?. Sudahlah tak usah bingung bingun deh, hubungi saya kapan saja,  Insya Alloh saya pandu anda kesana free of charge. Wassalam.

Detil Interior Masjid Nurul Jannah - Pamahan 
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Timur Lain-nya