Rabu, 06 April 2011

Masjid Jami’ Nurul Iman Kampung Rukem

Masjid Nurul Iman Kampung Rukem

Masjid ini berada di ruas Jalan Tegal Danas - Simpangan, yang membentang dari pertigaan gedung Bapelkes di Lemah Abang hinga ke Kali Malang di Kampung Tegal Ganas.  Lokasinya di sisi kanan jalan raya bila dari arah Bapelkes. Tak terlalu sulit menemukan masjid ini di Kampung Rukem, Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Masjid Nurul Iman
Jl. Tegal Danas-Simpangan, Kampung Rukem
Desa Jatireja, Kec. Cikarang Timur
Kab. Bekasi, Jawa Barat. Indonesia




Hari Sabtu 12 Maret 2011 ba’da asyar, ketika singgah sebentar disini, masjid ini masih gres alias baru saja selesai dibangun sepekan sebelumnya. Benar benar masih anyar, ibarat makanan benar benar masih anget.

di halaman depan masjid masih terlihat bekas teratak bangunan masjid sebelumnya.

Cukup membahagiakan bagi muslim kampung Rukem memiliki masjid baru yang cukup besar dan megah. Masjid ini sebelumnya merupakan masjid kayu sederhana di lokasi yang sama tapi lebih mepet ke jalan raya. Teratak bangunan masjid yang lama masih terlihat di bagian depan bangunan yang kini berdiri.

Dibangun dalam arsitektural asli Indonesia dengan atap limas bersusun lengkap dengan mastaka alumunium dipuncak atap. Di bagian paling atas di letakkan Lafaz Allah. Masjid berdenah segi empat ini dibangun tanpa tiang tengah sehingga memberikan ruang cukup lapang di dalam masjid.

Interior Masjid Kampung Rukem

Dari plakat pembangunan masjid yang dipasang di tembok depan masjid, dapat diketahui bahwa masjid ini dibangun dari dana donatur dari salah satu Negara Timur Tengah. Sementara papan nama masjid yang lama masih terpasang di tempatnya menjadi satu satunya yang tersisa dari bangunan lama.

Masjid ini dibangun lengkap dengan fasilitas penunjang utamanya yaitu area tempat wudhlu, dan toilet. Untuk menjamin pasokan air dipasang juga bak penampungan air. Keseluruhan bangunan fisik masjid sudah selesai dikerjakan. Namun pengurus masjid masih memiliki banyak pekerjaan rumah termasuk merapikan halaman depan, pemasangan pagar dan sebagainya.

Seperti layaknya masjid tradisional Indonesia masjid Nurul Iman Kampung Rukem ini juga tidak dilengkapi dengan menara. Perangkat pengeras suara dipasang di antara tumpang atap pertama dan kedua.

Sejak ahir Maret lalu, pengurus masjid berencana untuk memperluas bangunan masjid ini dengan menambahkan teras di tiga sisi masjid. Penggalangan dana masyarakat sedang berjalan, bersamaan dengan proses pengerjaan teras di sisi depan masjid.

Semoga semua rencana tersebut berjalan lancar dan masjid ini makmur oleh jemaah dan makmur pula keseluruhan muslim Kampung Rukem. Amin Ya Alloh. Dan, seperti biasa bila ada yang ingin menyumbangkan hartanya tapi tak tahu pasti lokasi masjid ini, silahkan hubungi saya, insya Alloh saya pandu anda menuju kesana, gratis.

Wassalam

papan nama masjid yang lama 
dari balik kaca jendela masih terlihat hamparan sawah yang menghijau disekitar masjid Nurul Iman Kampung Rukem ini.

Kilauan cahaya matahari senja di masjid Kampung Rukem


Update 17 Juli 2011 

Ahad 17 Juli 2011, Masjid Jami' Nurul Iman Kampung Rukem sudah berubah bentuk, sudah dilengkapi dengan teras di 3 sisinya. Alhamdulillah.