Sabtu, 05 Februari 2011

Masjid Jami’ At-Taqwa Pasir Konci, Cikarang Selatan

Masjid Jami' At-Taqwa Pasir Konci Kecamatan Cikarang Selatan, Kab. Bekasi

Alamat dan Lokasi Masjid

      Masjid Jami' At-Taqwa
      Desa Pasir Konci
      Kecamatan Cikarang Selatan
      Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Dari jembatan layang di depan pintu tol cikarang barat / Lemah Abang, belok ke kiri ke arah lippo Cikarang, setelah jembatan tol ada gang kecil di sebelah kiri, sebelum jalan ke gema lapik. Masuk dan ikuti jalan tersebut kira kira dua ratus mereran, masjid At-Taqwa berada disebelah kiri jalan.

Jalan masuk menuju masjid ini hanya cukup untuk satu kendaraan roda empat. Pada saat berpapasan salah satu harus mengalah dengan menepi untuk memberi ruang yang cukup untuk masing masing kendaraan agar bisa lewat.




Pembangunan masjid At-Taqwa

Berdasarkan prasasti yang dipasang di tembok utara sisi sebelah dalam masjid disebutkan bahwa masjid At-Taqwa pasir Konci diresmikan pada tanggal 5 juli tahun 1995 oleh camat Lemah Abang Drs. H. Bachrunil Kusnadi. Pembangunan masjid didanai oleh masyarakat dan donator utama H. Kanan BHG.

Prasasti peresmian masjid
Masjid yang berada di pinggiran jalan tol Jakarta – Cikampek ruas cikarang – Karawang ini memang cukup luas. Dibangun dengan arsitektural khas Indonesia. Empat sokoguru penyanggah masjid dibuat persegi empat kokoh dan menjulang di tengah masjid. Seluruh halaman ditutup dengan paving blok di rindangi oleh pepohonan yang menghijau. Atap masjid  berbentuk atap limas bersusun tiga dengan ornament bulan sabit allumunium di puncak atap tertinggi.

Seperti kebanyakan masjid tradisional khas Indonesia, masjid Jami At-Taqwa Pasir Konci ini pun tidak dilengkapi dengan menara masjid. pengeras suara untuk panggilan azan dipasang di celah antara atap limas teratas dan limas ke dua.

Dua gerbang masjid ditutup di bukan jam sholat, dan tentu saja di buka lebar saat waktu sholat tiba. Tempat wudhlu tersedia di dua sisi masjid. Sementara halaman depan (sisi timur masjid cukup luas untuk menampung jemaah yang sewaktu waktu meluber ke halaman masjid di waktu waktu tertentu termasuk perayaan hari hari besar Islam.

Di sisi selatan masjid atau di sisi jalan raya terdapat kantor Remaja Masjid At-taqwa tempat berkumpulnya remaja masjid pasir konci dalam kegiatan kepemudaan masjid dan beragam kegiatannya.

belajar mengaji selepas magrib
Ba’da magrib, seperti kebanyakan masjid lain nya di masjid At-Taqwa inipun diramaikan oleh anak anak yang belajar mengaji di teras masjid sisi timur. Belajar mengaji di udara terbuka dan juga tentunya agar tak mengganggu jemaah yang masih berzikir di dalam masjid menunggu waktu sholat Isya tiba.

Dewan Kemakmuran Masjid

Di sisi pintu utama sebelah timur masjid di pampang dua lembar pengumuman yang terdiri dari Struktur Organisasi DKM Masjid Jami At-Taqwa. Di struktur tersebut di jelaskan bahwa keputusan tertinggi berada di musyarawah DKM. Musyawarah DKM sudah menetapkan pengurus DKM masa bakti tahun 2011-2016 di ketuai oleh Bp. R. Baehaqi Rusli di dampingi oleh Dewan Syuro yang diketuai oleh Bp. H. Iyong Rojali berikut 9 orang anggota dewan syuro, juga di dampingi oleh Dewan Pengawas Syariah yang diketuai oleh Ust. Adang Firdaus, S.Ag serta 4 orang Anggota.

Puncak atap masjid At-Taqwa Pasir Konci
DKM At-Taqwa juga dilengkapi dengan tiga bidan kerja masing masing bidang rumah tangga, bidang Sosial Masyarakat dan Bidang Pendidikan dan kajian Ilmu. Masing masing bidang tersebut membawahi beberapa seksi. Total keseluruhan ada 9 seksi kerja di masjid At-Taqwa ini termasuk seksi Remaja Masjid yang mengurusi kepemudaan, remaja dan anak anak Islam. (selengkapnya lihat di bagian bawah).

Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa

Hanya berselang satu rumah di sisi timur masjid, berdiri megah bangunan berlantai dua madrasah Ibtidaiyah dengan nama yang yang sama dengan nama masjid. Di jam sekolah, sekolah ini begitu ramai oleh murid murid madrasah yang setara dengan Sekolah Dasar Negeri itu.

Ruas jalan kecil pasir konci ini tembus ke jalan utama Cikarang – Cibarusah ke kali malang Cikarang tak jauh dari simpang jalan menuju ke kampong rawa sentul. Warga perumahan cikarang baru – Kota Jababeka cukup ramai yang memanfaatkan jalur ini untuk menuju ke kawasan Lippo Cikarang dan sekitarnya di pagi hari untuk menghindari kemacetan parah di sekitar pintu Tol Cikararng / Jembatan layang.

Foto Foto Masjid At-Taqwa Pasir Konci

Diantara rindangnya pepohonan
Gerbang Masjid Jami' At-Taqwa Pasir Konci
Masjid Jami' At-Taqwa Pasir Konci
Interior Masjid Jami' At-Taqwa Pasir Konci
Masjid Jami' At-Taqwa Pasir Konci

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya