Rabu, 23 Mei 2012

Masjid Jami’ At’Taufiq Taman Sentosa, Cikarang Selatan

Suasana waktu magrib di Masjid Jami’ At’Taufiq Taman Sentosa

Lokasi dan Alamat Masjid Jami’ At’Taufiq

Masjid Jami’ At’Taufiq Taman Sentosa
Perumahan Taman Sentosa
Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat - Indonesia



Lokasi masjid ini berada di dalam komplek perumahan Taman Sentosa di Cikarang Selatan. Dari pintu gerbang utama, melewati pos penjagaan satuan pengamanan, bundaran pertama belok ke kanan sampai bertemu perapatan, lihat ke kanan, masjid nya berdiri di ujung jalan yang berbelok kekanan. Tanda balon di Google maps diatas saya letakkan dengan posisi kira kira. Google maps di area itu belum update.

Masjid Jami’ satu ini salah satu masjid yang begitu ramai jemaah Magribnya. Saya memang tiba disana ketika sholat magrib sudah di mulai, sempat clingak clinguk nyari tempat wudhunya yang ternyata sedang direnovasi. Tempat wudhu-nya sementara waktu diletakkan di depan masjid.

Suasana ba'da magrib di Masjid Jami’ At’Taufiq Taman Sentosa
Ini kali pertama saya singgah ke masjid ini dan tak sempat untuk menggambar wajah masjid ini diterpaan cahaya matahari senja [Insya Alloh next time]. Senang rasanya jemaah di masjid yang begini ramai jemaahnya. Mungkin separuh dari jemaah nya adalah bapak bapak yang baru sampai di rumah dari tempat kerja dan langsung ke masjid untuk sholat berjamaah.

Terlihat dari pakaian mereka yang rata rata masih berkemeja dan bercelana panjang. Beberapa tiba di masjid masih bersepatu sepertiku. Jemaah musafir ? tentu bukanlah, masjid ini letaknya dalam komplek perumahan Taman Sentosa dan cukup jauh dari gerbangnya di tepian jalan raya pegaulan, kecuali yang memang dengan sengaja iseng singgah sepertiku.

tiga jemaah berbincang di depan Masjid Jami’ At’Taufiq Taman Sentosa, ba'da magrib
Kekompakan jemaah masjid ini juga patut di acungi jempol. Di Mading masjid di pasang foto foto aktivitas jemaah masjid bergotong royong membangun area tempat wudhu dan toilet masjid. Dana kas masjid ? lumayan besar, yang pasti jauh diatas angka belasan juta.Pergerakan keuangan masjid juga dengan apik dipaparkan disana.

Masjid ini aslinya beratap limas bersusun, kelihatan dikit ujung atapnya di foto pertama di atas. Lalu dilengkapi dengan teras beton yang cukup lega. Tidak ada pilar penyanggah atap di dalam masjid. Beban atap seluruhnya didistribusi ke pilar dan dinding tembok masjid, menghasilkan ruangan yang terasa lebih lega.

Prasasti Pembangunan Masjid Jami’ At’Taufiq Taman Sentosa
Ruang dalam dilengkapi dengan plafon, bukan langit langit terbuka. Konsekwensinya memang harus dilengkapi dengan kipas angin untuk mengurangi panasnya cuaca Cikarang disiang hari yang memang lumayan menyengat. tersedia tiga pintu untuk akses jemaah di tiga sisi masjid.

Oh ya, di pekarangan masjid di dekat gerbang diletakaan prasasti pembangunan masjid ini. disebutkan disana bahwa Masjid Jami’ At’Taufik diresmikan pada tanggal 18 Mei 2007 bertepatan dengan tanggal 1 Jumadil Ulla 1428H oleh Camat Cikarang Selatan, H. Roni Harjanto, SH. MM.  Selamat dan sukses selalu deh untuk Jemaah Masjid Jami’ At-Taufiq Taman Sentosa, Cikarang Selatan. (Cikarang, 23 Mei 2012).

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya