Rabu, 09 Mei 2012

Masjid Jami' Al-Muttaqien - Buni Asih, Cikarang Utara

Masjid Jami' Al-Muttaqien Buni Asih.

Masjid Jami' Al-Muttaqien Buni Asih
Jl. Industri, Kp. Buni Asih, Desa Karangbaru.
Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi - Jawa Barat




Masjid Jami’ Al-Muttaqien Buni Asih ini berada di ruas jalan industri yang menghubungkan pertigaan pasir Gombong dengan pasar Cikarang. Lokasi masjid berhadap hadapan dengan komplek SMK As-Salam, dan berjejer di ruas jalan yang sama dengan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen (STIAMI) Kampus Cikarang.

Fasad depan Masjid Jami Al-Muttaqien

Bangunan masjidnya terdiri dari bangunan masjid beratap joglo menggunakan genteng namun kemudian ditambahkan sebuah kubah logam di puncaknya. Masjid Al-Muttaqin dilengkapi dengan menara tunggal yang berdiri di samping masjid.

Masjid Jami’ Al-Muttawien dari arah pasar Cikarang 

Bila memperhatikan masjid ini dengan seksama kita akan menemukan persamaan façade depannya dengan façade di Masjid Jami Nurul Islam Pilar – Cikarang Utara. Mungkin karena dua masjid ini dibangun di era yang sama, boleh jadi juga bahkan dibangun oleh tukang yang sama, maka keduanya memiliki persamaan satu dengan yang lain.

Pilar pilar Masjid Jami’ Al-Muttaqien.

Namun dari segi ukuran, masjid Jami Al-Muttaqin – Buni Asih ini jauh lebih besar bila dibandingkan dengan Masjid Jami Nurul Islam Pilar – Cikarang Utara sebelum renovasi. Meskipun saya belum mendapatkan data akurat tentang tarikh pendirian kedua masjid ini jadi tidak bisa menjelaskan mana yang lebih dulu dibangun diantara kedua masjid ini.


Sebelah kiri adalah facade masjid Jami Al-Muttaqien dan sebelah kanan adalah facade. Masjid Jami Nurul Islam, Pilar.

Masjid Al-Muttaqien masih memiliki halaman di dalam pagarnya, cukup untuk parkir kendaran roda dua dan beberapa kendaraan roda empat ukuran kecil. Diluar waktu sholat fardu, pintu pagar depan senantiasa ditutup, tapi masih ada pintu kecil disamping arah ke taman kanak kanak disebelahnya. (Updated 3 September 2019)***

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.
------------------------------------------------------------------


Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA