Selasa, 20 September 2011

Masjid Jami’ Nurul Hidayah, Masjid Liga Muslim di Cikarang Utara


Masjid Nurul Hidayah ini dulunya merupakan sebuah bangunan masjid kecil di lokasinya sekarang ini. sejak Ramadhan 1432H (Agustus 2011) lalu, warga muslim disana sudah bisa menikmati sebuah masjid megah yang baru berdiri dan masih gress dengan balutan warna hijau ini. proses pembangunan masjid ini memakan waktu selama 8 bulan.

Lokasi masjid

Masjid Nurul Hidayah berada disisi ruas jalan utama yang menghubungkan Lemah Abang ke Jababeka (Cikarang Baru). Dari gerbang 5 Jababeka kea rah utara dan tak jauh dari RUmah Sakit Annisa kea rah selatan. Secara administratip masuk kedalam wilayah Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Propinsi Jawa Barat.






Bantuan Liga Muslim Sedunia

Sesuai dengan plakat pembangunan masjid yang dipasang di dinding masjid sisi barat (sisi mihrab) bagian luar menghadap ke halaman depan, disebutkan bahwa masjid ini dibangun dengan dana bantuan dari Liga Muslim Sedunia / World Muslim League / Rabithah ‘Alam Islami. Liga Muslim Sedunia merupakan organisasi nirlaba yang berpusat di Saudi Arabia.

Berdasarkan plakat pembangunan masjid tersebut, masjid ini diberi nama “Masjid Al-Amir Saud Bin Kholid Al-Saud”. Namun pengurus dan jemaah masjid lebih memilih untuk menggunakan nama lama masjid ini “Masjid Nurul Hidayah “.

Kubah dan menara masjid Nurul Hidayah
Arsitektural Masjid

Dari segi arsitektur, masjid Nurul Hidayah memang dibangun dengan arsitektur Timur Tengah, bentuk masjid yang dikenal secara universal. Lengkap dengan menara dan kubah di tengah tengah atap cor nya. Sisi mihrab masjid Nurul Hidayah menghadap ke jalan raya sehingga pintu masuk ke masjdi ini dengan sendirinya pintu masuk ke masjid tidak berada di sisi yang menghadap ke jalan raya. Pintu utara menjadi pintu utama masuk ke masjid ini. sedangkan pintu selatan langsung terhubung dengan tempat berwudhu sedangkan pintu timur berada di halaman belakang masjid yang berdekatan dengan pemakaman.

Ketiga pintu utama masjid ini menggunakan pintu geser dari kaca bewarna gelap dengan rangka allumunium. Dan masing masing 6 jendela di tiap sisi masjid ini juga menggunakan kaca gelap dan rangka allumunium. Keseluruhan jendela kaca ini dilengkapi dengan bukaan permanen di bagian atasnya untuk ventilasi. Sedangkan jendelanya sendiri memang dirancang bukan sebagai jendela yang bisa dibuka tutup.

Interior Masjid Nurul Hidayah
Masjid Nurul Hidayah dilengkapi dengan satu bangunan menara khas Arab Saudi. Menara ini tidak dibangun terpisah dari masjid tapi dibangun menyatu dengan bangunan utama masjid di pojok atap sisi barat laut atau di sisi kiri bila kita berdiri di gerbang menuju halaman depan masjid. Menara dan kubah hijau masjid ini terlihat begitu dominan diantara bangunan bangunan sekitarnya. Bahkan pagar dan gerbang masjid inipun di cat dengan warna yang sama.

Saat dalam proses finishing Ramadhan lalu
Di dalam masjid berdiri kokoh empat sokoguru beton menopang atap masjid. Dibawah kubah masjid ditempatkan jendela jendela kecil menggunakan kaca warna warni. Di sisi dalam bangunan kubah ini dilukis dengan lukisan langit biru dan kumpulan awan. Lukisan seperti ini sepertinya memang sedang menjadi trend masjid masjid baru tanah air, sejak masjid mewah Dian Al-Mahri (Masjid Kubah Emas) menggunakan lukisan tersebut di bawah kubah utamanya.

Dan di bawah kubah ini sudah barang tentu dipasang lampu gantung sebagai pelengkap interior masjid. Meski lampu gantung ini jarang dinyalakan untuk penghematan energy. Namun kehadirannya memberikan keindahan tersendiri bagi interior masjid. Meski dibangun dengan dana bantuan Liga Muslim Dunia namun kepengurusan dan pengelolaan masjid ini tetap dipegang oleh para tokoh masyarakat setempat.

4 September 2011 yang lalu ketika kami singah kesana untuk menunaikan sholat magrib, di masjid ini diselenggarakan sholat jenazah bagi salah satu pengurus masjid ini dan sepuh di sana yang wafat sore harinya, di sholatkan di masjid ini bakda Isya dan dimakamkan malam itu juga dipemakaman keluarga yang lokasinya bersebelahan dengan Rumah Sakit An-Nisa. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Alloh Swt dan beliau mendapatkan tempat bersama sama orang shalih. Amin.

Foto Foto Masjid Nurul Hidayah

dari balik pintu utama sebelah timur
Lampu gantung di tengah masjid
Awal September 2011
Mihrab dan mimbar majsid Nurul Hidayah
Tempat wudhu masjid Nurul Hidayah
Masjid Jami' Nurul Hidayah dilihat dari arah jalan raya