Sabtu, 25 Desember 2010

Masjid Jami’ Al-Mujahidin - Kebon Kopi, Cikarang Utara

Masjid Jami' Al-Mujahidin (lihat foto di Panoramio)

Masjid indah bernuansa tropis ini selesai dibangun di bulan Ramadhan 1431H / Oktober 2010 yang lalu. Ukuran masjid yang cukup besar dan berlantai dua ini tak mampu mampu menampung jemaah sholat Idul fitri 1 Syawal 1431H yang lalu. Jemaah yang hadir memadati pelataran parkir di sisi selatan masjid hingga meluber ke jalan raya disisi selatan masjid.

Bangunan masjid ini memang masih baru, namun bukan berarti masjid ini baru berdiri disana. Masjid baru ini dibangun menggantikan masjid lama, di lokasi yang sama. Tak jauh dari masjid ini berdiri sekolah Islam di bawah Yayasan pendidikan Al-Mujahidin. Sehari hari masjid ini selain di gunakan oleh masyarakat sekitar, juga di ramaikan oleh siswa siswi sekolah Islam tersebut. Tak mengherankan bila sedang mampir sholat ke masjid ini, suasana begitu marak oleh siswa siswi berseragam sekolah. 

Masjid Jami' Al-Muhajirin dari arah jalan K.H. Fudholi

Alamat Masjid Jami’ Al-Mujahidin

Jalan K.H. Fudholi, Kebon Kopi.
Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi,
Provinsi Jawa Barat.



Lokasi Masjid Jami’ Al-Mujahidin

Masjid ini lebih mudah di capai dari ruas jalan pilar (Jalan Ki Hajar Dewantara). Dari perempatan pilar ke arah Sukatani, lalu berbelok ke kiri di pertigaan di depan SMAN 1 Cikarang Utara.  Hanya beberapa meter dari pertigaan tersebut akan dijumpai sekolah Yayasan Islam Almujahidin di sisi kanan jalan, dan beberapa meter dari situ disisi kiri jalan berdiri megah Masjid Jami’ Al-Mujahidin ini.

Atau dari arah sebaliknya, bila dari arah Pasar Lama Cikarang dapat dicapai dengan menyusuri Jalan K.H. Fudholi hingga menjelang pertigaan jalan Ki Hajar Dewantara. Masjid Al-Mujahidin berada di sebelah kanan jalan.

Fasad Masjid Al-Muhajirin yang peka lingkungan (lihat foto di panoramio)
Masjid megah ini terdiri dari dua lantai ditambah satu lantai mezanin. Lantai dua diperuntukkan untuk jemaah wanita. Lantai dasar untuk jemaah pria. Tangga utama penghubung ke lantai mezanin dibangun disebelah luar masjid di sisi timur, ditambah dua tangga melingkar di sudut tenggara dan timur laut menghubungkan selasar ke lantai mezanin. Dari lantai mezanin ke lantai dua hanya ada satu tangga utama yang menghubungkan ke lantai dua.

Rancangan masjid ini benar benar hemat listrik untuk penerangan. Jendela yang begitu banyak di tiga sisi masjid memberikan ruang yang leluasa bagi sinar matahari dan sirkulasi udara. Selasar (Teras) yang dibangun mengelilingi masjid melindungi ruang sholat dari tempias air hujan. Lantai mezanin masjid ini sepertinya lebih berfungsi sebagai selasar bagi lantai dua masjid, selain juga sebagai ruang sholat tambahan.

Kubah Besar dan menara kecil (lihat di panoramio)
Secara keseluruhan masjid ini menggabungkan rancangan masjid timur tengah dengan rancangan bangunan tropis. Masjid timur tengah yang tak mengenal teras memang tak cocok dengan iklim Indonesia yang memiliki curah hujan jauh lebih tinggi dibandingkan kawasan timur tengah. Atap masjid secara keseluruhan merupakan cor beton di topang empat sokoguru segi empat berukuran besar di dalam masjid menopang struktur lantai dua, atap dan kubah Masjid.

Dua menara masjid ini menyatu dengan bangunan masjid, bukan menara yang terpisah. Tiang beton selindris yang menjadi tautan dua tangga melingkar sekaligus menjadi penopang dua menara masjid ini. Masjid Jami’ Al-Mujahidin dibangun lebih dekat ke jalan raya, memberikan lahan yang begitu luas di sisi selatan masjid untuk lahan parkir dan sewaktu waktu dapat digunakan untuk menampung jemaah di dua sholat hari raya, ataupun acara acara tertentu yang membutuhkan ruang terbuka yang cukup luas.

Selasar Masjid di sisi utara
Posisi pelataran parkir yang berada disebelah dalam seperti di Masjid Jami’ Al-Mujahidin ini memang memberikan keamanan lebih bagi pengguna kendaraan bermotor yang parkir disana. Dan juga memberi kenyamanan dan keamanan tersendiri bagi jemaah yang terpaksa sholat di luat masjid karena tak kebagian tempat di bagian dalam dari gangguan pengguna jalan raya (semisal : debu, kebisingan dan asap kendaraan) apabila lapangan parkir tersebut ditempatkan di sisi jalan raya.

Melengkapi keindahan masjid. Gerbang masjid ini juga dibuat senada dengan bangunan masjid lengkap dengan kubah kecil menghias di bagian atas Nama Masjid yang terpasang disana. Tak lupa pagar yang mengelilingi masjid ini pun dibuat demikian indah senada dengan bangunan masjid. Warga Kebon Kopi – Cikarang Utara boleh bangga dengan masjid indah ini, dan sepertinya sangat layak untuk dijadikan foto penghias kalender bernuansa Islami.

Interior Masjid
Siswa siswa Sekolah Islam Al-Mujahidin turut menyemarakkan masjid
Interior Masjid, terlihat bukaan bukaan jendela yang begitu kaya memberi ruang leluasa bagi masuknya cahaya dan sirkulasi udara di dalam masjid.
Ruang sholat di lantai dasar dilihat dari lantai dua
Gerbang Masjid 
Updated : 7 April 2016

--------------------------------ooOOOoo --------------------------------


Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya