Jumat, 16 September 2011

Masjid Jami' Nurul Ikhlash, Pilar Barat, Cikarang Utara

Masjid Jami' Nurul ikhlash, Pilar Barat - Cikarang Utara

Ada satu hal yang sangat menarik dari masjid ini. bukan lokasinya. Bukan pula kemegahannya.  Tapi perhatikan prasasti pembangunan masjid yang ditempatkan di depan masjid. Disebutkan disana bahwa masjid Nurul Ikhlas ini diresmikan oleh Menteri Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah RI, H. Adi Sasono SH. Pada tanggal 13 September 1998M bertepatan dengan Jumadil Ula 1419H. Cukup menarik, mengingat lokasi masjid ini bukanlah masjid yang berdiri di sisi jalan raya utama. Tapi berada di dalam gang atau jalan kecil di kawasan Pilar Barat, CIkarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Masjid Nurul Ikhlash
Jl. Dr. Setia Budi, Pilar Barat
Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi 17530
Jawa Barat  





Jalan Pilar Barat / Dr. Setia Budi, ini bermuara ke Jalan Gatot Subroto yang membentang dari pasar CIkarang hingga ke pertigaan pilar (Jalan Ki Hajar Dewantara). Masjid ini bukan satu satunya bangunan masjid di dalam gang pilar barat. tak jauh dari masjid ini juga berdiri sebuah masjid dengan atap limas bernama Masjid Jamie Attaufiq Walhidayah,  dan lebih ke utara sedang di renovasi total sebuah Mushola yang cukup indah, Mushola Al-Ridho.

Masjid Nurul Ikhlash dibangun berlantai dua dengan ruang terbuka di sisi mihrab. Tangga beton menuju lantai dua dibangun disisi selatan masjid. Tangga ini cukup menyita perhatian karena lokasinya yang berada di akses utama ke dalam masjid. Disisi selatan ini juga ditempatkan keran keran tempat wudhu tak jauh dari bangunan tangga.

Masjid Jami' Nurul Ikhlash, Pilar Barat. dari arah jalan Jend. Gatot Subroto, Cikarang


Tempat wudhu lainnya berada di belakang masjid (sisi timur) terhubung langsung dengan serambi belakang masjid, dan disi kanan (sisi selatan). Di sisi belakang masjid ini juga merupakan komplek pemakaman muslim.  Unik juga tempat wudhu di sisi belakang masjid ini karena keran keran airnya yang ditempatkan di tiang tiang koridor yang menghubungkan toilet ke serambi.

Lapangan parkir masjid ini memang cukup sempit hanya cukup untuk beberapa kendaraan roda dua. Tapi tersedia lahan cukup luas di pekarangan kediaman pimpinan cabang gerakan pemuda Anshor NU yang berada tepat berhadap hadapan dengan masjid ini.

Foto Foto Masjid Jami' Nurul Ikhlash Pilar Barat

area berwudhu di sisi selatan masjid, ramai dengan anak anak menjelang beduk
magrib. mereka ramai belajar mengaji ba'da magrib.
Pagi hari ke arah masjid Jami' Nurul Ikhlash dari jembatan pilar
kubah dan lantai dua Masjid Nurul ikhlash pilar barat
Interior masjid Nurul Ikhlash Pilar Barat, dengan mimbar dan Mihrab mungilnya
fasad masjid Nurul Ikhlash dari arah Jalan Gatot Subroto, Cikarang
Lebih dekat ke kubah masjid Nurul Ikhlas Pilar Barat
teras depan masjid Nurul Ikhlas yang sebenarnya berada di sisi Selatan masjid.

Wajah Baru Masjid Nurul Ikhlash

Wajah Baru Masjid Jami' Nurul Ikhlash Pilar Barat di bulan Desember 2015, masjid ini sudah dilengkapi dengan satu bangunan menara yang menjulang dengan kubah berwarna kuning ke-ermasan.

UPDATED : 2 JANUARI 2016


-----------ooo000ooo---------------

Baca juga