Kamis, 09 Desember 2010

Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Sisi depan Masjid Besar Al-Mukarromah yang menghadap ke jalan raya.

Cikarang, tempat dimana kini penulis menjadi bagian dari warganya sejak belasan tahun lalu. Cikarang menjadi salah satu kota penyanggah ibukota Jakarta dengan bertaburnya kawasan industri di kota ini sampai sampai disebut sebagai kota dengan kawasan Industri terluas di Asia Tenggara. Maraknya kawasan industri yang kemudian menggerakkan perekonomian Cikarang dan Kabupaten Bekasi, provinsi Jawa Barat.

Sebelum menggunakan nama Cikarang, dulunya wilayah Cikarang terdiri dari wilayah kecamatan Cibitung dan Lemah Abang, wilayah tersebut kemudian dilebur dengan menggunakan nama Cikarang menjadi : kecamatan Cikarang Utara, Selatan, Timur, Barat dan Cikarang Pusat. Komplek pemerintahan Kabupaten Bekasi sendiri terletak di wilayah Kecamatan Cikarang Pusat.

Selasar masjid besar Al-Mukarromah.
Selain menjadi rumah bagi berbagai kawasan industri, Cikarang juga bertabur Masjid dan Mushola, maklum Kabupaten Bekasi memang bervisi sebagai kabupaten yang Islami. Selanjutnya Masjid Masjid dan Mushola Mushola di wilayah Cikarang ini akan menjadi salah satu topik utama di blog ini. Untuk posting kali ini saya akan memulainya dengan Masjid Besar Almukarromah Cikarang.

Lokasi Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Lokasi Masjid Besar Almukarromah Cikarang Cikarang ini tak jauh dari Pasar Baru Cikarang dan Mall Sentara Grosir Cikarang (SGC), dapat dicapai dengan berjalan kaki beberapa menit dari dua tempat tersebut. Lokasi masjid ini juga tak jauh dari terminal baru Cikarang, juga masih layak untuk dicapai dengan berjalan kaki. Tapi karena pengaturan lalu lintas yang hanya satu arah, maka bila anda membawa kendaraan, dari terminal baru Cikarang anda harus membawa kendaraan anda berputar melewati pasar lama ke arah Mall SGC lalu kembali ke arah terminal, Masjid Besar Almukarromah Cikarang terletak disebelah kanan jalan. Untuk lebih jelas, pelajari google map berikut.




Sesuai dengan namanya masjid ini memang memiliki ukuran cukup besar. Dilengkapi dengan dua plaza di bagian depan (sebelah timur) dan di bagian samping masjid (sebelah selatan) kedua plaza ini sudah dilapis dengan keramik untuk mengantisipasi membludaknya jemaah saat sholat jum’at dan dua hari raya. Halaman parkirnya yang dibangun menggunakan konblok juga cukup luas, lengkap dengan penjaga parkir. 

Tempat wudhlu di masjid ini sudah dipisahkan antara tempat wudhlu untuk pria dan wanita. Disamping masjid berdiri Taman Pendidikan Alqur’an untuk kanak kanak. Rencananya masjid ini juga akan mendirikan gedung sendiri untuk Taman Kanak Kanak Islam dan Sekolah Dasar Islam Terpadu di lahan kosong disamping masjid, seperti tertulis pada papan pengumuman yang terpasang disana. Semoga lekas terwujud.

Interior Masjid Besar Al-Mukarromah

Arsitektur Masjid Besar Almukarromah Cikarang

Melihat wujud nya Masjid Besar Almukarromah Cikarang ini memadukan budaya Nusantara, Timur Tengah dan arsitektur bangunan moderen. Bentuk atap masjid yang berbentuk limas (joglo) merupakan warisan budaya asli Nusantara sejak jaman Majapahit. Sedangkan kubah yang dipasang di puncak atap, tentu saja adalah ciri khas gaya masjid timur tengah. Kubah warna biru yang bagian bawahnya dibuat sedikit melebas diatas atap memberkan nuansa manis dan feminis kepada masjid ini. Sentuhan modern terlihat pada ornamen pada kubah yang dipasang di atap masjid dan kubah di ujung menara. Kubah yang dibangun dari elemen elemen kecil yang kemudian disatukan menghasilkan bentuk mozaik yang cukup unik dan indah.


Bentuk bangunan masjid dengan atap joglo tapi dipadu dengan kubah seperti yang digunakan pada Masjid Besar Almukarromah Cikarang Cikarang ini sepertinya memang sedang menjadi trend bagi bangunan bangunan masjid baru di tanah air. Seakan tak ingin kehilangan budaya asli tapi juga tetap menggunakan kubah yang sudah menjadi ikon bangunan masjid secara universal.

Informasi lain

Hampir seluruh area masjid ini merupakan area suci, alas kaki hanya diperkenankan dipakai di area parkir, selebihnya alas kaki harus dibuka. Tak usah risau karena disana tersedia penitipan alas kaki, dan juga ada anak anak kecil yang menyediakan jasa semir sepatu dan sendal dengan tarif wajar.  Bila halaman parkir di pekarang masjid sudah penuh, masih tersedia areal parkir di luar pagar yang memang sudah disiapkan sebagai areal parkir tambahan. Sejarah, data teknis (ukuran, biaya pembangunan, lama pembangunan dan lain lain) belum di dapat oleh penulis.

Foto Foto Masjid Besar Almukarromah - Cikarang

Sisi selatan masjid
Halaman depan.
Dari celah ventilasi.
Sesuai dengan namanya, masjid ini memang cukup besar dan megah.
Puncak menara tunggal di masjid besar Al-Mukarromah.
Pintu Selatan.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara.

------------------------------------------------------------------


Baca juga Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA