Rabu, 14 September 2011

Masjid Jamie Al-Falah, Pasir Gombong, Cikarang Utara

Masjid Jamie Al-Falah, Pasir Gombong.

Berada tak jauh dari gerbang utama kawasan industry Jababeka I dan II masjid ini berdiri anggun dalam balutan warna kuning gading. Berada di sisi ruas jalan CIkarang – Cibarusah masjid ini dapat dengan mudah ditemukan lokasinya.

Lokasi dan alamat persisnya adalah sebagai berikut :

Jl. Industri Kampung Gombong Pandan
RT/RW 04/06 Desa Pasir Gombong. Kecamatan Cikarang Utara
Kabupaten Bekasi 17530. Jawa Barat.



Dulu, ketika masih bekerja di salah satu perusahaan asing yang beroperasi di Jababeka, setiap kali sholat Jum’at di masjid ini kami selalu saja kebagian tempat di sisi jalan raya yang ditutup separuh untuk keperluan jemaah. Ditambah lagi kondisi jalan raya di depan masjid ini ketika itu belum serapi sekarang yang sudah di beton dan sudah diberi separator permanen.

Masjid Jamie Al-Falah di malam hari
Dari pencitraan satelit tanggal 27 Juli 2003, di google earth dan google maps, masjid ini masih berupa bangunan lama berupa bangunan biasa seperti bangunan rumah dengan atap genteng.  Bentuknya dulu memang seperti itu. Jemaah sholat jum’at meluber kemana mana memenuhi pekarangan hingga teras teras rumah disekitarnya hingga ke jalan raya.

Kini. Masjid Jamie Al-Falah sudah bermetamarfosis menjadi sebuah masjid berlantai dua yang begitu megah dan Indah dengan arsitektur Masjid universal meski tanpa bangunan menara tinggi yang dibangun terpisah dari bangunan masjid.  Dua menara nya dibangun menyatu dengan bangunan masjid. Lengkap dengan kubah utama berwarna hijau tua dibagian tengah atap beton masjid ini.

Lantai dua masjid ini dilengkapi dengan beranda di sisi depan dan sisi selatan. Memberikan ruang bagi jemaah untuk menikmati suasana sekitar masjid dari lantai dua. De depan masjid di sisi jalan raya masih tersisa sedikit lahan parkir bagi jemaah yang berkendara dan kebetulan berada disana saat waktu sholat tiba.

Tempat wudhu dan toilet berada di sisi utara (disisi kanan pada saat masuk ke pekarangan masjid).   Tangga menuju ke lantai dua diletakkan di pojok kiri dan kanan depan masjid. Lantai dua masjid ini memang nyaris tak terpakai di hari hari biasa kecuali di hari Jum’at dan peringatan hari hari besar Islam.

DKM masjid Jamie Al-Falah Pasir Gombong saat ini diketuai oleh H. Itang, Bendahara nya dipegang oleh H. Abdur Rochim dan sekretaris dipercayakan kepada H. Ahmad. Kas masjid ini terbilang lumayan, laporan keuangan masjid pada bulan Maret 2011 lalu, saldo sebesar Rp. 63 juta. Dengan pengeluaran rutin sebesar Rp.6 jutaan sudah termasuk gaji pegawai.

Exterior Masjid Jamie Al-Falah, Pasir Gombong


Interior Masjid Al-Falah, Pasir Gombong