Jumat, 11 Mei 2012

Masjid Jami’ Arriyadhoh, Pasir Gombong – Cikarang Utara

Masjid Jami’ Arriyadhoh, Pasir Gombong, Cikarang Utara (lihat di panoramio)

Dari arah pasar Cikarang ke pertigaan Pasir Gombong, sulit sekali untuk memotret masjid satu ini tanpa menyertakan papan nama besar rumah makan yang baru berdiri disebelahnya.  Papan nama itu berdiri cukup besar mengalahkan papan nama masjid yang berdiri menghadap jalan raya.

Masjid Jami’ Arriyadhoh
Jl. Industri No. 178, Desa Pasir Gombong
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia


Lokasi masjid ini cukup strategis berada di ruas jalan industry yang menghubungkan pasar Cikarang ke pertigaan Pasir Gombong. Hanya beberapa meter jaraknya dari gerbang kawasan Industri Jababeka di Pasir Gombong. Kawasan tempatnya berdiri pun pelan tapi pasti sudah dan makin dipadati kawasan bisnis dan perdagangan.

Dari tampilan nya masjid ini sudah cukup tua meskipun saya tak menemukan penanda apapun kapan gerangan masjid ini dibangun dan oleh siapa. Singgah ke masjid ini di pagi hari tak ada sesiapapun disana, karena memang bukan waktu nya sholat lima waktu berjamaah.

Bangunan Utama Masjid Jami' Arriyadhoh (lihat di Panoramio)
Bangunan utamanya berupa masjid mungil beratap limas di tepian jalan raya. Lokasi masjid berada disisi timur jalan raya sehingga sisi mihrablah yang berada di sisi jalan raya, bangunan masjid ini lalu di perluas ke arah belakang (sisi timur) dan ke samping (sisi selatan).

Bangunan tambahan di sisi selatan masjid ini tidak sejajar dengan bangunan utama. Tapi sedikit dimundurkan ke belakang. Di sisi depan hanya dibuat sebagai teras. Di lokasi tersebut (sisi depan sebelah selatan masjid) ada dua makam, yang bila dilihat dari nama yang tertulis di nisannya tampaknya makam ayah dan anak. Dua makam tersebut berdampingan, masing masing disisi barat bernama Sangke Bin Emak, sedangkan yang disisi timur bernama Sadih Bin Sangke.

di dalam Masjid Jami' Arriyadhoh
Selain pintu akses dari sisi selatan, masjid ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa pintu di sisi utara dan timur yang menghadap ke pemukiman penduduk. Interior dan ekteriornya sederhana saja.

area dibangunan tambahan di belakang Masjid Jami' Arriyadhoh
dua makam disamping Masjid Jami' Arriyadhoh
Dari jendela depan Masjid Jami' Arriyadhoh
Papan Nama Masjid Jami' Arrriyadhoh (lihat di Panoramio)

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya