Jumat, 11 Mei 2012

Masjid Jami’ Baytul Wiqoyan, Pilar Timur – Cikarang Utara

Masjid Jami' Baytul Wiqoyan, Pilar Timur, Cikarang Utara

Masjid Jami’ Baytul Wiqoyan
Jl, Puri Lintas Asih No.7. Pilar Timur RT. 01/08
Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara
Kabupaten Bekasi , Jawa Barat, Indonesia


View Masjid Jami' Baytul Wiqoyan in a larger map


Lokasi nya yang dalam gang membuat masjid satu ini benar benar menenangkan dari hiruk pikuk lalu lintas jalur pantura ruas Cikarang – Lemah Abang. Masjid  yang memadukan seni bina bangunan gaya Timur Tengah dengan seni bina bangunan tropis.

Dinding Masjid Jami' Baytul Wiqoyan
Dari luar kita disuguhi pemandangan bangunanan masjid universal atau biasa disebut gaya masjid timur tengah, berupa masjid beton bekubah tunggal di tengah atap nya, meski tanpa bangunan menara. Tiga sisi masjid dilengkapi dengan teras dan pilar pilar beton lengkap dengan lengkungan lengkungan menghubungkan masing masing pilar.

Lebih mendekat kita akan jumpai rangkaian dinding masjid dari kayu berwarna alami dipadu dengan teralis besi warna hitam dengan ornament ornamen warna emas. Dinding masjid ini dirancang tidak sampai ke plafon masjid, bagian atasnya dibiarkan terbuka untuk ventilasi udara. Tiap sisi masjid dilengkapi dengan tiga pintu kaca bedaun ganda.

Interior Masjid Jami' Baytul Wiqoyan
Rancangan demikian memberikan suasana sejuk dan terang benderang di dalam masjid di tengah cuaca Cikarang yang panas, meskipun tanpa perangkat penyejuk udara. Interior masjid dibangun begitu apik meski tetap bernuansa minimalis.

Sisi dalam kubahnya di cat dengan pola awan biru dengan gumpalan awan dilengkapi dengan lampu gantung yang cukup impresif. Lingkar bawah kubahnya di hias dengan kaligrafi Al-Qur’an. Sedikit di atas kaligrafi tersebut di tempatkan lubang lubang segi empat sekeliling kubah.

Sama seperti tiang tiang masjid lainnya. Kubah besar masjid ini juga ditopang dengan tiang baja H beam. Bedanya ke empat tiang penopang kubah di dalam masjid ini sisi bawahnya dibungkus dengan beton dan dilapis dengan keramik.

Sisi mihrab masjid berupa dinding beton masif di lapis keramik warna cerah sama dengan warna keramik lantai. Sedangkan mihrabnya di lapis dengan keramik warna gelap. Disisi kiri dan kanan mihrab dipasang hiasan kaligrapi bertuliskan Nama Allah dan Muhammad.  Kaligrafi Al-Qur’an juga menghias dinding masjid sisi atas.

Sisi Mihrab Masjid Jami' Baytul Wiqoyan
Mihrab masjid ini memang sederhana namun apik. Sebuah hiasan kaligrafi berbentuk bundar juga dipasang didinding mihrab. Sementara bukaan mihrab dibuat menyerupai sebuah gerbang segi empat warna hitam. Sedangkan mimbarnya hanya berupa podim kecil di letakkan di dalam mihrab.

Disebelah masjid ini berdiri Yayasan Pendidikan Islam Al-Abror, yang mengelola pendidikan kanak kanak, terdiri dari Taman Kanank Kanak Al-Qur’an (TKQ) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

pintu dan jendela Masjid Jami' Baytul Wiqoyan
pintu dan jendela depan Masjid Jami' Baytul Wiqoyan
ornamen bawah kubah Masjid Jami' Baytul Wiqoyan lengkap dengan lampu gantungnya
di dalam Masjid Jami' Baytul Wiqoyan
sudut tenggara Masjid Jami' Baytul Wiqoyan

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya