Rabu, 09 Mei 2012

Masjid Jami' Al-Mujahidin, Rawa Lintah, Cikarang Utara

Masjid Jami' Al-Mujahidin Rawa Lintah, Cikarang Utara

Masjid Jami' Al-Mujahidin, Rawa Lintah
Jl. Raya Lemah Abang - Cibarusah
Kp. Rawa Lintah, Desa Simpangan. 
Kec. Cikarang Utara, kab. Bekasi, Jawa Barat
Koordinat : 6° 16' 54.24" S  107° 9' 49.69" E




“Rawa Lintah“ Tempat dimana masjid ini berada mungkin membuat anda ngeri, mendengar kata lintah, sebagian orang langsung merasa geli atau bahkan takut. Tapi tenang saja, rawa lintah disini hanya tinggal nama. Walau saya juga kurang faham kenapa daerah ini dulunya dinamai Rawa Lintah. Mungkin dulunya berupa rawa yang banyak lintahnya.

Gerbang Masjid Jami' Al-Mujahidin
Masjid Al-Mujahidin Rawa Lintah ini berdiri di tepian jalan raya antara Jababeka – Lemah Abang. Lokasinya berdiri, berada di seberang jalan Blok-1, hanya berjarak sekitar 400 meter dari pintu lima Jababeka tempat dimana Polres Metro Bekasi Kabupaten, Kampus Presiden University, SMA/SMP Presiden di kawasan Jababeka berada.

Magriban di masjid ini cukup ramai oleh warga sekitar dan jemaah yang kebetulan melintas di kawasan ini. Masjid yang cukup besar dengan halaman luas dan semuanya sudah di konblok. Sekeliling pekarangan masjid dihijaukan dengan tanaman pohon pohon mangga.

Pintu gerbang pagar masjid tidak di letakkan disisi jalan raya Lemah Abang – Jababeka, tapi diletakkan disisi jalan Haji Icang 1, jalan kecil di samping masjid. Denah tanah lahan masjid ini memang persegi panjang dari timur ke barat, namun bagian yang berada di sisi jalan utama adalah bagian pojohkan sempit saja, mungkin itu sebabnya pembangun masjid ini meletakkan gerbangnya disisi jalan kecil disampingnya.

Masjid Jami' Al-Mujahidin Rawa Lintah
Masjid Jami' Al-Mujahidin Rawa Lintah, dibangun dua lantai, berkonstruksi beton. Tangga menuju ke lantai dua masjid diletakkan di sisi utara bangunan utama. Tangga ini juga merupakan akses ke kediaman pengurus masjid yang bersebelahan dengan bangunan utama. Toilet dan tempat berwudhu diletakkan di bawah kediaman pengurus masjid ini.

Mengingat lokasi Masjid Jami' Al-Mujahidin Rawa Lintah ini berada disisi barat jalan raya, dan masjid ini sengaja dibangun di sisi barat lahan yang tersedia, membuatnya memiliki pekarangan yang cukup luas untuk lahan parkir ataupun untuk keperluan lainnya termasuk sebagai tempat sholat tambahan di dua sholat hari raya.

Foto foto masjid Jami Al-Mujahiidn juga dapat dinikmati di look around panoramio

Ukuran masjid Jami' Al-Mujahidin ini cukup besar, berlantai dua dengan pekarangan depan
yang cukup luas. di tiga sisi bangunan masjid dilengkapi dengan Beranda.