Selasa, 08 Mei 2012

Masjid Jami' Al-Muttaqien - Buni Asih, Cikarang Utara

Masjid Jami Al-Muttaqien (check foto di panoramio)

Masjid Jami' Al-Muttaqien Buni Asih
Jl. Industri, Buni Asih
Kecamatan Cikarang Utara
Kabupaten Bekasi - Jawa Barat
Indonesia

Masjid Jami’ Al-Muttaqien Buni Asih ini berada di ruas jalan industri yang menghubungkan pertigaan pasir Gombong dengan pasar Cikarang. Lokasi masjid berhadap hadapan dengan sebuah sekolah menengah pertama.


Lihat Masjid Jami' Al-Muttaqien Buni Asih di peta yang lebih besar

Bangunan masjidnya terdiri dari bangunan masjid beratap joglo menggunakan genteng namun kemudian ditambahkan sebuah kubah logam di puncaknya. Masjid Al-Muttaqin dilengkapi dengan menara tunggal yang berdiri di samping masjid.

Masjid Jami’ Al-Muttawien dari arah pasar Cikarang (panoramio)
Bila memperhatikan masjid ini dengan seksama kita akan menemukan persamaan façade depannya dengan façade di Masjid Jami Nurul Islam Pilar – Cikarang Utara. Mungkin karena dua masjid ini dibangun di era yang sama, boleh jadi juga bahkan dibangun oleh tukang yang sama, maka keduanya memiliki persamaan satu dengan yang lain.

Façade Masjid Jami’ Al-Muttaqien dari halaman depannya (check di panoramio)
Namun dari segi ukuran, masjid Jami Al-Muttaqin – Buni Asih ini jauh lebih besar bila dibandingkan dengan Masjid Jami Nurul Islam Pilar – Cikarang Utara. Meskipun saya belum mendapatkan data akurat tentang tarikh pendirian kedua masjid ini jadi tidak bisa menjelaskan mana yang lebih dulu dibangun diantara kedua masjid ini.

Sebelah kiri adalah facade masjid Jami Al-Muttaqien dan sebelah kanan adalah facade
Masjid Jami Nurul Islam, Pilar.
Masjid Al-Muttaqien masih memiliki halaman di dalam pagarnya, cukup untuk parkir kendaran roda dua dan beberapa kendaraan roda empat ukuran kecil. Diluar waktu sholat fardu, pintu pagar depan senantiasa ditutup, tapi masih ada pintu kecil disamping arah ke taman kanak kanak disebelahnya.

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya