Kamis, 18 Agustus 2011

Masjid Jami Al-Muttaqin, Ciantra – Cikarang Selatan

Masjid Al-Muttaqin dengan pelataran parkirnya ditutup dengan bata merah,
cukup menarik perhatian. 

Adalah ide ku untuk sholat Jum’at di masjid ini. Dua temanku berhasil "kuhasut" untuk turut serta menjelahi hasil pencarian di google earth masjid masjid sekitar Villa Mutiara yang satu ini. menjadi menarik perhatian dari google earth karena lokasinya cukup unik, terletak di perkampungan diantara hijaunya rimbun pepohonan tak jauh dari komplek perumahan.

11.30 bertiga langsung ngabur dari kantor, menyusuri rute sesuai petunjuk mbah google dan hasil muter muter di sekitar Villa Mutiara berhasil menemukan masjid ini sekaligus warteg di sekitar tempat itu untuk makan siang selepas sholat jum’at.

Lokasi

Masjid ini masuk dalam wilayah desa Ciantra, Kecamatan CIkarang Selatan, Bersebelahan dengan komplek perumahan Villa Mutiara, Cikarang Selatan. Alamat lengkapnya sebagai berikut :

Kampung Kukun RT 009 RW 005 Desa Ciantra
Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat.



Masjid ini terlihat masih gress, masih baru. Catnya masih mentereng. Tak sempat berbincang bincang dengan jemaah lain ataupun pengurus masjid. Waktu Istirahat kami terbatas dan lokasinya agak jauh sedikit dari kantor.

Masjid ini terlihat begitu mencolok di tengah kampung Ciantra. Dalam dominasi warna krem. Arsitektur masjid ini dibangun dengan kubah dibagian tengah atap cor nya. Empat menara ramping berdiri di empat sudut struktur atap masjid. Pilar pilar segi empat dengan lengkungan memperindah teras di tiga sisi bangunan masjid.

Bangunan masjid ini memiliki tiga hal yang berkaitan dengan angka tiga. Yang pertama terlihat pada tiga undakan anak tangga menuju lantai masjid. Lantai masjid ini memang dibangun lebih tinggi dari permukaan tanah. Tiga undakan struktur atap, dan tiga undakan lagi pada empat menara rampingnya.

Angka tiga dalam struktur masjid di fahami secara umum sebagai Iman, Islam dan Ikhsan yang merupakan sifat dasar seorang muslim. Nama masjid ditulis dengan hurup besar pada lengkungan yang dibuat khusus di atas bangunan beranda masjid.

Keseluruhan interior masjid di lapis dengan keramik dari lantai hingga dinding. Empat sokoguru bundar menopang struktur atap masjid berdiri kokoh di tengah masjid. Jendela jendela kecil di sekitar kubah memberikan pencahayaan alami ke dalam ruang masjid. Rongga kubah masjid di bagian dalam masjid dibuat dalam bentuk segi delapan.

Toilet dan tempat wudhu disediakan disisi selatan masjid dalambangunan terpisah. Pasokan sir juga tidak ada masalah di masjid megah ini. Hari itu masjid ini penuh sesak oleh jemaah sholat jum’at meski tak sampai memadati halaman parkir masjid ini yang sudah di tutup dengan susunan bata merah, memberikan pemandangan yang cukup klasik di halaman masjid ini.

Salut untuk muslim Ciantra dengan masjid Almuttaqinnya yang megah ini.


Gerbang Masjid Jami' Al-Muttaqiin

Dewan Kemakmuran Masjid Al-Muttaqin

Pelindung : Kepala Desa  dan Ketua DPD
Ketua DKM : H. Jamiludin
Pengawas : H. Anda Ana & Boim

Sekretaris : Rimansyah Spd
Wakil Ketua I bidang Idaroh : H. Hamdani
Wakil Ketua II bidang Imaroh : Dedi Setiadi Sag
Wakil Ketua III bidang riayah : Inta Sasmita
Bendahara : Ma'mun Nawawi

Bidang Idaroh terdiri dari beberapa seksi masing masing adalah :
* Perencanaan : Ence & H. Halim
* Pendanaan : Masim Nurseha & Dayad
* Humas / Dokumen : Karman & Ilyas
* Perpustakaan : Erip Mulyana

Bidang Imaroh 
* Seksi Ibadah : Soleh
* Seksi Pendidikan : Akum & Abi Rasim
* Seksi Sosial : Kaban & Nasep 
* Seksi Remaja : Endi Suhendi  & Rahmat Hidayat

Bidang Riayah
* Seksi Keamanan : Ajid & Salim
* Seksi Pemeliharan / Kebersihan : Mamat & Parman
* Seksi Perlengkapan : Udin & Abdul Khojin

Foto foto masjid Jami' Al-Muttaqin

Menjelang Sholat Jum'at
Papan Nama Masjid
Sesaat setelah sholat Jum'at

Updated 1 : 17 Sep 2011
Updated 2 : 10 Des 2015

-----------------------------ooo000ooo---------------------------