Kamis, 14 Juni 2012

Masjid Jami’ An-Nur Villa Mutiara, Cikarang Selatan


Masjid An-Nur Villa Mutiara di bulan April 2011 lalu, Foto yang ada kurang jernih karena memang diambil menggunakan kamera handphone. 

Masjid Jami’ An-Nur
Blok H Perumahan Villa Mutiara
Kecamatan Cikarang Selatan
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia


View Masjid Jami' An-Nur in a larger map

Berlokasi di Blok H perumahan Villa Mutiara Cikarang Selatan, Masjid An-Nur berawal dari bangunan masjid kecil beratap limas bersusun tiga dibangun tahun 2005 dengan dana bantuan dari Islamic Relief Saudi Arabia, sebagaimana dijelaskan dalam plakat pembangunan masjid yang dipasang pada dinding teras sisi mihrab sisi selatan dengan nama Masjid Ar-Rohmah.

Jemaah Sholat Jum'at di Masjid An-Nur. di bagian depan adalah bangunan awal masjid An-Nur yang dibangun dengan dana Islamic Relief Saudi Arabia.
Namun DKM dan Jemaah masjid memberi nama masjid ini dengan nama Masjid An-Nur. Masjid kecil tersebut kemudian diperluas dengan menambahkan bangunan beton dibelakangnya (di sisi timur) dan sudah disiapkan tangga beton untuk persiapan pembangunan lantai dua.

12 Juni 2012 saat foto ini direkam, bangunan awal Masjid An-Nur sudah dibongkar untuk dibangun kembali sebagai bangunan masjid yang lebih megah.
Saat ini (Juni 2012) masjid kecil beratap limas itu sudah dirobohkan untuk dibangun kembali sama tinggi dengan bangunan tambahannya. Masterplan masjid ini nantinya akan dibangun sebagai masji besar berlantai dua. Proses pembangunannya sedang berlangsung dan sudah pasti membutuhkan banyak dana.

Begini bentuk masjid Jami' An-Nur yang direncanakan
Melihat rancangan gambarnya, proyek pembangunan masjid ini cukup ambisius. sama sekali berbeda dengan bangunannya saat ini. nantinya masjid ini akan dibangun berlantai dua lengkap dengan kubah besar dan empat menara diatap nya. tangga akses ke lantai dua diletakkan di sisi timur dan selatan.

Masjid An-Nur Villa Mutiara Saat ini.
Foto Kiri : Masjid An-Nur di bulan April 2011 yang lalu. Foto Kanan : Masjid An-Nur saat ini.  bangunan seperti tampak pada foto kiri sudah dirobohkan dan dalam proses pembangunan kembali

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Selatan Lain-nya