Senin, 18 April 2016

Masjid Darul Iman At-Tauhid Cibeureum - Cikutra

Megah di cahaya temaram
Masjid Darul Iman ini dibangun sejak tahun 2013 yang lalu oleh salah seorang tokoh masyarakat setempat. Rekaman foto proses pembangunan masjid ini sudah kamu posting di laman ini juga 3 tahun lalu berjudul Masjid Jamie Darul Iman Pulo Kapuk – Under Construction. Kini bangunan masjid ini sudah berdiri megah lengkap dengan sarana pendukungnya.

Sore hari sebubar jam kantor, sempat singgah ke masjid ini bertepatan dengan waktunya sholat magrib. Akses ke masjid ini tersedia dua pintu di sisi selatannya. Kalaman parkir luas nya ada di sisi timur  dan sedikit di sisi baratnya. Keseluruhan bangunan masjid sudah dipagar keliling. Tempat wudhu dibangun di sisi utara.

Dan malam pun turun menyelimuti siang

Masjid Jamie Darul Iman At-Tauhid
Kampung Cibeureum RT. 02/RW 04 Desa Mekar Mukti
Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat – Indonesia

Titik Koordinat :  6°17'34.50"S 107° 9'27.63"E


Masjid Darul Iman dibangun dalam arsitektur arabia yang kental meski tanpa Menara. Sebuah kubah tunggal berukuran besar bertengger di atap bangunan masjid terlihat dari jarak yang cukup jauh. pilar pilar penyangga dengan lengkungan lengkungan bercorak seperti masjid bersejarah cordova menghias sekeliling bangunan masjid. Tidak ada jendela di masjid ini namun dinding masjid di tiga sisinya dipasang ventilasi dengan ornamen yang cukup menawan.

Dinding bagian luar maupun bagian dalam dihias dengan ukuran stako berbentuk geometris ditambah dengan hiasan kaca patri menambah keindahan bangunan masjid ini. Di dalam masjid berdiri kokoh empat pilar berukuran besar menyanggah struktur atap. di bawah kubahnya menggantung lampu hias yang juga berukuran besar.

Mihrab, Mimbar dan sisi depan bagian dalam masjid 
Cukup unik bagian dinding sisi depan masjid ini, bila biasanya masjid masjid besar tidak menghias atau menghadirkan nuansa “sepi’ dari ornament pada bagian depan di dalam masjid, tapi di dalam masjid ini sisi depan nya justru dipenuhi dengan ornament stako berpola geometris dan susunan pilar pilar kecil berpasangan dengan lengkungan, meskipun demikian pemilihan warnanya cukup bijak sehingga tidak terlalu menyolok.

Untuk urusan jemaah anak anak, sebelum sholat berjaah dimulai ada beberapa jemaah dewasa yang mengatur anak anak, mengingatkan untuk tidak bercanda, bermain atau berlarian saat pelaksanaan sholat. Ada jemaah yang masbuk karena memastikan ketertiban jemaah anak anak sore itu saat mampir untuk sholat magrib di masjid megah ini.***

Kubah Masjid
Pilar dan lengkungan
Pintu sisi selatan
Ornamen kaca patri dan ventilasi sebagai pengganti jendela.
Teras selatan, menghadap ke barat
Beduk besar di teras timur. Bukan sekedar pelengkap tapi benar benar dipakai alias dipukul sebelum berkumandangnya azan
Teras timur ke arah tempat wudhu

 Interior Masjid

Bagian dalam masjid di pandang dari pintu timur
Dari celah ventilasi
Dinding berventilasi di sisi utara
Lampu gantung besar
Salah satu ornamen di sisi kiblat masjid
Mihrab dan mimbar
salah satu dari empat pilar di dalam masjid 

----------ZZZ----------

Baca Juga Masjid Masjid di Cikarang Utara Lainnya