Sabtu, 22 September 2012

Masjid Roudlotul Jannah Graha Cikarang

Masjid Roudlotul Jannah Graha Cikarang ::: Lapangan olahraga di salah satu sisi masjid ini cukup menarik para remaja untuk ber-futsal-ria dilapangan yang sudah dilengkapi dengan pagar kawat ini.  [lihat di panoramio].

Graha Cikarang tempat masjid ini berdiri merupakan perumahan yang letaknya (kini) bersebelahan dengan Terminal Pelabuhan Kering Peti Kemas Cikarang (Cikarang Dry Port Terminal). Gerbang perumahan Graha Cikarang berada hanya beberapa meter di sebelah utara Rumah Sakit An-Nisa Cikarang.

Tumpukan peti kemas ::: dari salah satu pertigaan ruas jalan utama perumahan ini bila memalingkan muka ke arah kiri akan terlihat tumpukan peti kemas seperti foto di atas berjejer di belakang rumah rumah di blok paling selatan. [lihat di panoramio].
Saya sebut dengan “letaknya (kini)” bersebelahan dengan Terminal Pelabuhan Kering Cikarang. Karena memang dulunya saat perumahan ini berdiri, lahan tersebut masih berupa lahan pesawahan dan lahan kosong lainnya. Seiring dengan mulai beroperasinya terminal peti kemas tersebut, membuat salah satu blok di perumahan ini berada tepat bersebalahan dengan terminal tersebut. Tumpukan peti peti kemas tersebut terlihat dengan jelas dari ruas jalan utama ke perumahan ini, berada di belakang sederet rumah rumah di blok paling selatan .


Masjid Roudlotul Jannah [bahasa Indonesia = Taman Syurga] ini sendiri sebenarnya masih dalam tahap pembangunan dan baru sekitar 30% bangunannya yang sudah selesai dibangun. Namun bangunan yang sudah selesai ini tampak cukup molek dalam gaya arsitektur nya bernada era kolonial abad ke 19 terlihat jelas pada bentuk daun pintu dan jendela nya yang besar besar dan dilengkapi dengan kisi kisi lubang angin.

Klasik di era moderen ::: tak ada salahnya menggunakan gaya bangunan model apapun untuk bangunan masjid sepanjang tak melanggar hal hal yang sudah di atur secara syar'i. seperti pada bangunan masjid ini yang menggunakan bentuk jendela dan pintu bergaya kolonial.
Penggunaan daun pintu dan jendela dengan langgam seperti ini memang sudah sangat sulit ditemukan pada bangunan bangunan baru apalagi pada bangunan masjid. Salah satu contoh bangunan masjid tua di sekitar Cikarang yang menggunakan langgam yang sama ada di masjid-nya Laskar Hisbullah, Masjid Al-Mujahidin Cibarusah yang memang dibangun semasa kolonial Belanda.

Masih Butuh Banyak Dana ::: Sisi depan masjid Roudlotul Jannah ini masih membutuhkan banyak dana untuk penyelesaian proses pembangunannya. [lihat di panoramio].
Sisi depan masjid Masjid Roudlotul Jannah Graha Cikarang ini baru selesai proses pengecoran lantai dua dan masih membutuhkan sangat banyak dana untuk melanjutkan proses pembangunannya sampai selesai. Sebuah peluang emas terbuka lebar bagi yang ingin menanamkan amal jariahnya di masjid ini. (Cikarang, Sabtu 22 September 2012)***

Mushalla Under Construction ::: Salah blok di komplek perumahan ini juga sudah memiliki sebuah Musholla permanen yang sudah memasuki tahap penyelesaian ahir. [lihat di panoramio].

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya