Rabu, 20 Juni 2012

Masjid Ar-Rahmah Blok L Gramapuri Persada – Cikarang

Masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada Cikarang

Berada di kawasan perumahan Grama Puri Persada di Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Masjid Ar-Rahmah dibangun dalam arsitektural Indonesia dengan atap limas berteras keliling tanpa menara. Sebuah beduk yang sudah menjadi asesoris utama masjid masjid Indonesia tak lupa turut menghiasi teras sisi utara masjid ini.

teras timur dan utara Masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada Cikarang
Masjid Ar-Rahmah dibangun dengan dana donasi dari negara kawasan Teluk ::: Uni Emirat Arab, sepertinya ::: di tahun 2010 lalu. Dalam foto udara milik google earth pencitraan tahun 20xx bangunan masjid ini masih belum eksis. Masih berupa tanah lapang ditengah komplek perumahan sebagaimana terlihat dalam pencitraan google maps di bawah ini.

Masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada
Blok J, Perumahan Grama Puri Persada
Desa Sukajaya 17520 - Cibitung
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat
Indonesia




Gramapuri Persada dapat dicapai dari ruas jalan Kyai Asnawi, pertigaan ruas jalan ini berada tak jauh dari Masjid Jami’ Al-Ma’mur Kalijaya.  Ataupun dari ruas jalan Kyai Haji Fudholi, disebelah pasar lama Cikarang. Ruas Jalan yang tak terlalu lebar tapi cukup untuk dua mobil berpapasan. Jalanannya juga sudah di beton semasa Bupati Sa’dudin MM menjabat sebagai bupati Bekasi di periode lalu.

Interior Masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada
Saya kurang tahu persis ukuran masjid ini, mungkin ada sekitar sepuluh atau sebelas kali sebelas meter. Denah bangunannya berbentuk bangunan bujur sangkar, dengan tiga pintu masing masing di sisi timur, utara dan selatan. Yang menjadi ciri khas masjid ini adalah penggunaan kisi kisi kayu berselang seling dengan pola segi empat pada setiap kusen jendela-nya selain berfungsi sebagai ventilasi udara, juga sebagai ornamen pemanis tampilan masjid.

Teras sisi utara Masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada Cikarang
Area tempat wudhu dan toliet dibangun di sisi selatan bangunan masjid. Teras sekeliling masjid ini di topang dengan pilar pilar bundar, dan diantara masing masing pilar dihubungkan dengan pola persegi. Keseluruhan lantai masjid baik di dalam maupun dibagian teras masjid di tutup dengan lembarang keramik warna cerah. Menariknya, masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada ini memiliki bentuk yang sama dengan Masjid Jami’ At-Taqwa Cibitung Rawa Citra di Cikarang Barat.

Saat ini (Juli 2012) Masjid Ar-Rahmah Gramapuri sedang dalam proses perluasan, proyek perluasan sedang dilaksanakan ke arah kiri (selatan) masjid, pilar pilar beton sudah berdiri di bagian ini. 

Sumringah ::: senyum khas anak anak yang sedang asik bermain di teras masjid Arrahmah Gramapuri Persada Cikarang Utara
Ketika singah ke masjid ini sekitar pukul 9 pagi, tidak ada aktivitas karena memang bukan waktu sholat. Ada beberapa ibu ibu yang sedang sibuk berdiskusi di teras depan masjid memperbincangkan rencana kegiatan ta’lim. Dan bidikan terahirku adalah tiga gadis kecil dengan senyum sumringahnya tengah asik bermain di teras masjid.
  
teras depan ::: kiri Masjid Ar-Rahmah Gramapuri, Kanan Masjid Jami At-Taqwa Rawa Citra
Mihrab ::: kiri Masjid Ar-Rahmah Gramapuri, Kanan Masjid Jami At-Taqwa Rawa Citra 

7 komentar:

  1. Terima kasih buat admin yg telah mempublikasikan masjid Ar-Rahmah Gramapuri Persada.
    Mantab pokok nya...
    Semoga menjadi manfaat bagi khalayak umat. Aamiinn..

    BalasHapus
  2. mudah2 ane bisa jadi jamaah masjid ar-rahmah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang masjid ar rahmah sudah ada perluasan di sebelah selatan masjid.

      Hapus
  3. sekarang januari 2013 masjid Ar Rahmah sudah dilakukan perluasan di sebelah selatan lebih eksklusif, tapi masih ada plan selanjtnya yaitu buat lantai 2.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah...
    saya warga gramapuri blok J..

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah..semoga makin makmur masjid nya dan keberkahan menyertai kita semua, Aamiin

    BalasHapus

hindari komentar yang berbau SARA