Senin, 18 Juni 2012

Masjid Jami’ At-Taqwa Rawa Citra – Cikarang Barat

Masjid Jami At-Taqwa, Cibitung Rawa Citra

Kali ini berkesempatan singgah untuk magrian di masjid Jami’ At-Taqwa di Kampung Rawa Citra, di desa Telaga Asih, Kecamatan Cikarang Barat. Masjid Jami’ satu ini bangunannya benar benar mirip dengan bangunan masjid Masjid Ar Rahman, Perumahan Gramapuri Persada, kecamatan Cikarang Utara. Dana pembangunannya pun sama sama berasal dari Uni Emirat Arab.

dari arah Cibitung
Berdasarkan plakat pembangunan masjid yang dipasang di teras sisi selatan masjid, disebutkan bahwa pembangunan masjid ini dilaksanakan pada tahun 2009 yang lalu di danai oleh seorang donatur dari Uni Emirat Arab bernama Abdullah bin Abdurrohim, dengan nama masjidnya “Masjid Al-Huda” namun pengurus dan jemaah memilih menamai nya dengan nama Masjid At-Taqwa.

Masjid Jami’ At-Taqwa
Kampung Rawa Citra RT.01/03 Desa Telaga Asih
Kecamatan Cikarang Barat, Jawa Barat
Indonesia


Lihat Masjid Jami’ At-Taqwa Kampung Rawa Citra di peta yang lebih besar

Lokasi masjid ini berdiri benar benar berada di tikungan jalan yang membentang di depannya. Ruas jalan ini ::: merujuk kepada google maps nama jalan ini bernama Jalan Imam Bonjol 2 ::: merupakan jalan penghubung antara Cibitung (Cikarang Barat) menuju ke Tambelan. Mengingat lokasinya ini, memang harus ektra hati hati untuk menyeberang jalan dari dan ke masjid.

Di dalam masjid At-Taqwa Cibitung Rawa Citra
Posisi masjid berada di sisi barat jalan raya, hingga letak pintu utama nya yang menghadap ke jalan raya adalah pintu timur, posisi yang membuat kita saat menepi langsung dapat melihat ke dalam masjid hingga ke mihrabnya. Nyaris tak ada lahan parkir dimasjid ini. memang masih ada halaman sedikit di depannya untuk tempat parkir kendaraan.

Teras Depan Masjid At-Taqwa Rawa Citra
Kemiripan masjid ini dengan Masjid Ar Rahman, Perumahan Gramapuri Persada, kecamatan Cikarang Utara, bisa jadi karena memang bentuk masjid seperti ini sudah menjadi pakem nya bangunan masjid yang pembangunannya di danai oleh donatur Uni Emirat Arab, atau mungkin hanya karena factor memudahkan prosesnya saja, sehingga tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membuat rancangan baru tapi cukup menggunakan rancangan yang sudah ada.

Fasad Depan Masjid At-Taqwa Rawa Citra
Rancangan masjid nya merupakan rancang bangun masjid asli Indonesia dengan cirri utama beratap limas (piramida) dan tanpa menara. khusus untuk masjid ini kusen kusen jendelanya dilengkapi dengan ventilasi dari rangkaian kayu yang bentuk saling silang menyilang. Disamping tampak lebih alami tentunya juga menghadirkan bangunan masjid yang tidak melulu berupa dinding bata berplester.

Pintu Depan Masjid At-Taqwa Rawa Citra
Belakangan ini memang cukup marak pembangunan masjid yang dibangun dari dana yang berasal dari Negara Negara Timur Tengah baik atas nama lembaga maupun atas nama pribadi pribadi yang disalurkan ke Indonesia melalui berbagai yayasan.

Fasad depan dari arah Cibitung
Sayangnya kedekatan umat Islam dengan para donatur di kawasan Timur Tengah dalam hal membangun masjid , tidak di barengi dengan kedekatan pemerintah dengan sumber sumber keuangan Negara Negara tersebut, Semisal dalam upaya menyedot sebesar besarnya investasi dari Negara Negara kaya timur tengah untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Mungkin nanti atau mungkin saya saja yang tidak tahu.

Papan nama di fasad depan
Jadwal Sholat nya yang sepintas lalu mirip layar sebuah televisi layar lebar
Plakat pembangunan masjid
My Boy