Jumat, 11 Mei 2012

Masjid Thariq Bin Ziyad Boarding School Cikarang

Masjid di Komplek Sekolah Thariq Bin Ziyad, Grand Cikarang City, Cikarang Utara

Bangunan masjid ini berdiri megah di dalam komplek sekolah Thariq Bin Ziyad Boarding School Cikarang. Dibangun sebagai bagian dari komplek sekolah Islam tersebut. Terlihat jelas bahwa keseluruhan komplek sekolah ini termasuk masjidnya masih berupa bangunan baru yang masih gress karena memang baru saja diresmikan bulan lalu.

Lokasi Masjid

Komplek sekolah Thariq Bin Ziyad berada di komplek perumahan Grand Cikarang city, kecamatan Cikarang Utara. Dari gerbang utama perumahan, tiba di pertigaan belok ke kiri, setelah jembatan belok ke kanan. Dari kejauhan komplek sekolah Islam Thariq Bin Ziyad sudah terlihat dari kejauhan di hamparan hijaunya pesawahan. Di google Map daerah tempat sekolah ini berdiri termasuk komplek perumahannya masih berupa lahan pesawahan.


Di danai Oleh Qatar Charity

Masjid dan keseluruhan Komplek Pendidikan Terpadu Thariq bin Ziyad ini dibangun diatas tanah wakaf seluas dua hektar di perumahan Grand Cikarang City dan didanai oleh yayayasan qatar Charity. Upacara peresmian nya dilaksanakan pada pada hari Rabu, 18 Januari 2012.

Upacara peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati didampingi oleh Direktur Qatar Charity/Ceo antara lain Ibrahim Zaenal dan Hasan Azkur, Perwakilan dari kementrian Departemen Agama RI yaitu Prof. Dr. Nur Syam selaku Dirjen Pendidikan Islam, Perwakilan dari Kedutaan Arab Saudi dan Qatar, Dinas Pendidikan Kab. Bekasi, Kapolres/Kapolsek Cikarang Utara, Camat Cikarang Utara, Kepala Desa setempat dan tokoh masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasti peresmian.

peresmian Komplek Sekolah Thariq Bin Ziyad Cikarang
Selaku ketua yayasan Thariq Bin Ziyad, Sa’duddin yang juga Bupati Bekasi tersebut mengucapkan terima kasih kepada Qatar Charity yang telah membantu pembangunan gedung SMPIT Thariq Bin Ziayd Boarding School tersebut, kepada muhsinin yang telah mewakafkan tanahnya seluas dua hektar, dan kepada masyarakat terutama orangtua yang telah mempercayakan pendidikan putra dan putrinya di Thariq Bin Ziyad.

Pembangunan sekolah ini merupakan komitmen dari Qatar Charity untuk turut serta dalam mengembangkan masyarakat yang cerdas yang merupakan hal penting dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Serta bentuk partisipasi Qatar Charity untuk mensukseskan Sasaran Pembangunan Milenium (MDGs) yang kedua, yaitu pendidikan dasar untuk semua.

komplek sekolah Thariq Bin Ziyad Cikarang, di tengah sawah yang menghijau
Di dalam komplek sekolah Islam ini dilengkapi dengan fasiltas fasiltas pendukung berupa gedung sekolah berlantai dua, perpustakaan dan laboratorium, gedung administrasi, klinik, masjid, asrama, gedung tahfiz Quran, lapangan olahraga, serta lansekap.

Thariq bin Ziyad merupakan pusat pendidikan terpadu ketujuh yang dibangun Qatar Charity di Indonesia. Melalui proyek ini, Qatar Charity membantu memperbaiki tingkat pendidikan dan membangun masyarakat Bekasi untuk mendapat akses layanan pendidikan dan sosial yang lebih baik. Sebagaimana diketahui, Angka Partisipasi Kasar (APK) Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bekasi berada di bawah standar nasional 95%. Ini tentu saja tak sejalan dengan perkembangan Bekasi sebagai wilayah industri. 

Suasana peresmian sekolah Thariq Bin Ziyad Cikarang  
Sekilas tentang Qatar Charity

QC merupakan lembaga sosial kemasyarakatan dan juga lembaga amal tertua dan terbesar di Qatar. Didirikan tahun 1992 oleh sekelompok tokoh masyarakat Qatar untuk membantu masyarakat Qatar dan masyarakat lain yang membutuhkan.

Sejak beberapa tahun lalu, Qatar Charity (QC) sudah beroperasi di wilayah Indonesia melalui kerjasama dan kemitraan dengan LSM lokal, seperti Yayasan Ashifa Al Khairiyah, Yayasan Al-Ishlah dan komite kemanusiaan Indonesia lainnya.Qatar Charity membuka kantor pertama di Indonesia di Aceh pada tahun 2006 paska bencara Tsunami di Aceh 24 Desember 2004.

Masjid di Komplek Sekolah Thariq Bin Ziyad, Grand Cikarang City, Cikarang Utara
QC beroperasi di lebih dari 40 negara di Afrika, Asia, dan Eropa. Kegiatannya dilakukan melalui kantor cabang atau lewat kerjasama dan kemitraan dengan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya yang bergerak di bidang pembangunan dan pengembangan.

Berikut Alamat Qatar Charity di Indonesia beserta Lembaga pendidikan Islam Terpadu Thariq Bin Ziyad  :

Qatar Charity Indonesia Office
Jl. Pengadegan Barat No. 19, Pancoran, Jakarta Selatan 12770, Jakarta.
Telp: 62-21-3015  6457 / 62-21-3015  6437
Faks: 62-21-791 95746

Qatar Charity Indonesia Cabang Aceh
Jl. K.A. Rani No. 3, Dusun Gusyirik, Desa Guejah, Darul Imarah, Aceh Besar
Telp./Faks. +62 651 47334

Humas LPIT Thariq Bin Ziyad
Jl. Melati Ujung Blok J Perum Jatimulya Tambun Selatan Kab. Bekasi Jawa Barat
Fb : Tabloid Intajiyah
Twitter : Tint@Tbz@Intajiyah
Tlp.021-82418610, 021.82418611
Website : www.thariq.com

Referensi

qcharityid.org - Peresmian Komplek Pendidikan Terpadu Thariq bin Ziyad                         

--------------------------------


Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya