Selasa, 12 Juni 2012

Masjid Jami’ Al-Jihad, Pasar Cikarang

Masjid Al-Jihad di Pasar Cikarang

Masjid Jami’ Al-Jihad

Jl. Yos Sudarso No. 50 Pasar Cikarang
Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat, Indonesia





Kecil dengan warna cukup mencolok, berdiri di Jalan Yos Sudarso No. 50 Cikarang, atau lebih dikenal dengan kawasan Pasar Baru Cikarang. Disebut pasar baru karena memang tak jauh dari sana ke arah Stasiun Cikarang telah lebih dulu berdiri pasar tradisional yang kini disebut sebagai pasar lama.

Masjid Al-Jihad dari arah pertigaan ke SGC Mall
Masjid Al-Jihad Pasar Cikarang ini berada di ruas jalan yang sama dengan Masjid Jamie Al-Ma'mur Kalijaya, meski keduanya terpaut jarak lumayan jauh. Di kawasan sekitar Pasar Cikarang ini selain Masjid Al-Jihad, masih ada masjid lainnya yakni Masjid Al-Alif Mall di Lantai Atap Mall SGC yang berdiri di lahan bekas terminal Cikarang, lalu ada Masjid Besar Almukarromah di ruas jalan yang sama dengan Mall SGC.

pemandangan dari lantai menara Masjid Al-Jihad ke arah Pertigaan ke SGC Mall
Masjid Al-Jihad dibangun dua lantai berkonstruksi beton. Selain dua lantai masjid masih ada lantai ke tiga tempat menara mungil nya berdiri, di lantai ini selain tempat mendirikan menara, juga menjadi tempat penampungan air bersih. Menara mungilnya pun dibangun dengan bahan beton.

Di dalam lantai dasar Masjid Al-Jihad
Lantai dasar masjid ini terkesan sumpek karena jarak lantai ke lantai ke beton di atasnya yang terlalu rendah untuk sebuah masjid. Ditambah lagi dengan minimnya bukaan, baik jendela maupun pintu. Tak ada area void yang memberi ruang terbuka dari dan ke lantai dua di atas nya.

dari arah gerbang
Lantai dasar ini yang sehari hari dipakai oleh jemaah untuk sholat lima waktu. Disediakan juga area khusus untuk jemaah akhwat dilantai ini disekat dengan kain gordin warna hijau. Lokasi masjid Al-Jihad ini berada disisi utara jalan raya, dengan sendirinya pintu utama lantai dasarnya ada disisi selatan yang menghadap ke jalan raya dan sisi timur. Begitu juga dengan pintu dan tangga akses ke lantai dua disediakan di sisi selatan ini menghadap ke jalan raya.

Interior lantai dua Masjid Al-Jihad
Gerbang masjid benar benar berada di bibir jalan raya, tak ada lahan parkir sama sekali. Parkir kendaraan mau tidak mau disisi jalan raya. Masuk ke pekarangan kecilnya sudha harus membuka alas kaki. Tempat wudhu berada di belakang masjid. Mimbar dan mihrab untuk sholat Jum’at ada di lantai dua. Lantai duanya memang terasa lebih lega dibandingkan dengan lantai dasar karena atapnya  yang lebih tinggi.

Pintu, Jendela dan ventilasi lantai dua
Karena lokasinya, masjid ini menjadi satu satunya tempat sholat yang cukup nyaman bila sedang berbelanja di pasar Tradisional Cikarang khususnya di area pasar basah kea rah jalan jalan Yos Sudarso. Masjid ini juga menjadi satu dari 4 masjid Jami tempat Sholat Jum’at diselenggarakan di sekitar pasar Cikarang. Tiga masjid lainnya adalah masjid di area Parkir Ramayana Gedung Pasar Baru Cikarang,  Masjid Al-Alif Mall di Lantai atap SGC Mall dan tentu saja Masjid Besar Almukarromah.

Foto Foto Masjid Al-Jihad

tangga ke kanan menuju lantai dua, tangga ke kiri menuju menara
detil Jendela dan ventilasi lantai dua ke arah jalan raya
Lebih dekat ke kaca jendela yang dihias dengan asma Allah
Rantai antisipasi, maklumlah letaknya di tengah pasar
Kubah mungil di ujung atap limas bersusun masjid Al-Jihad Pasar Cikarang. Seekor burung m mungil melintas disana.

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya

Masjid Besar AlmukarromahMasjid Jamie Al Hidayah WalahirMasjid Jami’ Nurul Hidayah CibeberMasjid Jami' Nurul Ikhlash Pilar BaratMasjid Jamie Al-Falah Pasir GombongMasjid Al-Alif Mall Sentra Grosir CikarangMasjid An Nur Komplek Ponpes Albarkah II Lemah AbangMasjid Jami' Nurul Islam Pilar Masjid Jami’ Al-Mujahidin Kebon KopiMasjid Jami' Nurul Huda Kaum UtaraMasjid Jamie Al-Ma'mur KalijayaMasjid Besar Syiarul Islam SimpanganMasjid Jami' Al-Mujahidin, Rawa LintahMasjid Jami’ Attaufiq Walhidayah, Pilar BaratMasjid Jami' Al-Muttaqien - Buni AsihMasjid Al-Muhajirin Karang BaruMasjid Jami’ Baytul Wiqoyan, Pilar TimurMasjid Jami’ Arriyadhoh, Pasir Gombong Masjid Thariq Bin Ziyad Boarding School CikarangMasjid Jami’ Al-Huda, Cikarang Jati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA