Sabtu, 19 Mei 2012

Masjid Jami’ Al-Huda, Cikarang Jati


Lokasi dan Alamat Masjid Jami’ Al-Huda

            Masjid Jami’ Al-Huda
            Jl. Al-Huda 1, Kampung Cikarang Jati, Desa Sukajaya 17520
            Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi
            Jawa Barat – Indonesia
            Telepon (021) 8901341




Masjid Jami Al-Huda berada di posisi tusuk sate pertigaan kampung Cikarang Jati, di wilayah Desa Sukajaya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Untuk menuju Masjid ini paling mudah dari persimpangan jalan tak jauh dari Masjid Jami Al-Makmur Kalijaya. Ruas jalan di depan Masjid Jami’ Al-Ma’mur Kalijaya itu satu arah, dari arah terminal Cikarang ke arah pasar Cikarang anda akan bertemu dengan Masjid Jami’ Al-Ma’mur Kalijaya, beberapa meter setelah melewati masjid ini ada ruas jalan berbelok ke kiri.

Sejarah Pembangunan Masjid Jami’ Al-Huda

Sejarah pembangunan masjid ini ditulis dengan indah di selembar batu prasasti di dekat pintu pagar. Disebutkan disana bahwa masjid Jami’ Al-Huda diresmikan pada tanggal 27 Oktober 2001 oleh Bupati Bekasi (waktu itu) H. Wikanda Darmawijaya bersama dengan perwakilan tokoh masyarakat Cikarang Jati, Bpk. Muhir Subagia dan perwakilan Ulama Cikarang Jati, KH. Awing S.

Nama dan alamat masjid dipasang permanen di depan masjid, disebelahnya itu adalah prasasti peringatan pembangunan masjid ini. 

Arsitektural Masjid Jami’ Al-Huda

Cukup besar dan lega, itu kesan pertama ketika pertama masuk ke masjid ini. Masjid Jami’ Al-Huda merupakan masjid beton yang cukup megah. Atap masjid ini memang berupa atap limas (atap joglo) namun dilengkapi dengan kubah di bagian paling atasnya. Bangunan utamanya berdenah segi empat, sudah dilengkapi dengan teras.

Atap teras masjid ini dibangun dengan bahan beton, sedikit lebih rendah dari ketinggian total dinding masjid untuk memberikan ruang dipasangnya ventilasi dari kaca di sisi atas dinding masjid. Saya belum tahu temperatur di dalam masjid ini disiang hari mengingat saat berkunjung ke sana bersama putra kecilku [beberapa foto di posting ini adalah hasil karyanya] bertepatan dengan waktu magrib.

Masjid Jami' Al-Huda sesaat setelah sholat magrib
Masjid Jami’ Al-Huda dilengkapi dengan lima pintu. Masing masing dua pintu disisi kiri dan kanan serta satu pintu utama di sisi timur menghadap ke jalan raya. Tempat wudhu tersedia di sisi utara masjid, disisi ini juga sudah dilengkapi dengan tangga beton menuju kea tap teras masjid, meski tak jelas benar pertukannya, mungkin memang disiapkan untuk pengembangan lantai dua dimasa mendatang.

Halaman depannya (sisi timur) seluruhnya sudah ditutup dengan keramik dan di beri atap dari plastic corrugated polycarbonate warna hijau senada dengan keseluruhan warna masjid. Menara masjid yang berdiri di sisi kiri depan masjid ini tampaknya merupakan bangunan dari bangunan masjid sebelumnya, mengingat bentuk menara ini terlalu tua untuk dibangun tahun 2001.

Exterior Masjid Jami’ Al-Huda

Mabrib tiba, mentari mulai bersembunyi dan rembulan perlahan tampil
kubah di puncak atap masjid
sisi depan masjid sudah dipasang atap pelindung
tampak depan Masjid Jami' Al-Huda
di masjid ini juga menjadi pusat kegiatan remaja masjid

Exterior Masjid Jami’ Al-Huda

Interior masjid Al-Huda
Bagian dalam Masjid Al-Huda dari arah pintu utama.  Lega tanpa tiang tengah langit langit masjid dibiatkan terbuka tanpa plafon dan sekeliling dinding sisi atas masjid dilengkapi ventilasi kaca
Mihrab dan mimbar Masjid Al-Huda
Teras Masjid dilihat dari sudut timur laut
Teras Masjid Al-Huda dilihat dari sudut tenggara
Masjid Jami’ Al-Huda, Cikarang Jati di bulan Feb 2017

Update : 9 Maret 2017

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya