Sabtu, 18 Agustus 2012

Masjid Jami’e Al-Furqon Bumi Citra Lestari Cikarang

Masjid Jami'e Al-Furqon Bumi Citra Lestari (BCL)

Masjid Jami’e Al-Furqon berada di dalam komplek perumahan Bumi Citra Lestari di dalam lingkup desa Waluya, kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Menarik nya masjid ini berada bersebelahan dengan Kantor Kepala Desa Waluya dan SMAN 3 Cikarang Utara.

Masjid Jami’e AL-Furqon Bumi Citra Lestari Cikarang
Perumahan Bumi Citra Lestari
Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat - Indonesia
Koordinat Geografi :  6°16'1.61" S 107°11'10.82" E




Lokasi masjid yang ditandai dalam foto diatas semata mata lokasi perkiraan, karena memang masjid berikut komplek perumahan tempatnya berdiri masih belum eksis di Google maps. Keseluruhan area ini masih berupa lahan pesawahan yang menghijau.

Dari rekaman foto aktivitas masjid didapati bahwa pembangunan masjid ini dimulai sejak tahun 2011 yang lalu. Berdiri megah di sisi ruas jalan utama komplek perumahan Bumi Citra Lestari, Komplek perumahan yang bila disingkat mengingatkan pada nama salah satu artis terkenal ibukota.

foto kiri, Masjid Jami'e Al-Furqon ini bersebelahan dengan komplek Kantor Kepala Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara. Foto Kanan : atas adalah tempat wudhu jemaah pria, kanan tengah adalah tempat wudhu wanita dengan latar belakang gedung sekolah SMAN 3 Cikarang Utara, foto kanan bawah salah satu sudut masjid dengan rancangan kisi kisi ventilasi udara.

Ditilik dari segi rancang bangun, rancangan masjid ini memiliki kemiripan dengan Masjid Jami' Nurul Hasanah Bumi Cikarang Hijau, yang juga berada di kecamatan Cikarang utara. Ukurannya pun sepertinya tak jauh berbeda. Sebuah masjid dengan atap limas dengan dinding berongga di keempat sudut nya sebagai ventilasi udara.

Tempat wudhu untuk jemaah pria dan wanita sudah dipisahkan di masjid ini. Tempat Wudhu untuk jemaah pria berada di sebelah kanan masjid, sedangkan untuk jemaah wanita disediakan di sebelah kiri bangunan masjid.


Exterior Masjid di hari biasa
Segera setelah masjid ini berdiri berturut turut berdiri gedung kantor kepala desa Waluya yang tepat bersebelahan dengan masjid ini, berdiri kemudian adalah komplek gedung Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Cikarang Utara, menjadikan masjid ini sebagai sentral point di komplek perumahan satu ini mengingat disekitar lokasinya juga berdiri sarana pendukung lainnya.

Di bulan suci Ramadhan, masjid ini cukup meriah. DKM bahkan sudah menyiapkan tenda di depan masjid untuk menampung lonjakan jemaah sholat Tarawih selama bulan suci Ramadhan. DKM juga sudah menyiapkan serangkaian acara selama bulan suci Ramadhan.

foto kiri adalah interior masjid, foto kanan : suasana masjid di bulan Ramadhan
Kajian rutin selain bulan suci Ramadhan ada kajian rutin setiap pecan, di pekan pertama diisi dengan Tafsir Qur'an, Pekan kedua diisi dengan Kajian Hadist Arbain Nawawi, pekan ketiga kajian Fiqih (bulughul Marom), dan pekan ke empat diisi dengan kajian Akhlak (siroh Nabawi). semua kajian tersebut di isi oleh Ustadzh. HG. Taufik Kurahman. Lc. diselenggarakan ba'da sholat Magrib diawali dengan pembacaan ratibul athos.

Dua suasana ::: foto atas di hari biasa, foto bawah di bulan suci Ramadhan
Here's the mosque address
--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya

Masjid Besar AlmukarromahMasjid Jamie Al Hidayah WalahirMasjid Jami’ Nurul Hidayah CibeberMasjid Jami' Nurul Ikhlash Pilar BaratMasjid Jamie Al-Falah Pasir GombongMasjid Al-Alif Mall Sentra Grosir CikarangMasjid An Nur Komplek Ponpes Albarkah II Lemah AbangMasjid Jami' Nurul Islam Pilar Masjid Jami’ Al-Mujahidin Kebon KopiMasjid Jami' Nurul Huda Kaum UtaraMasjid Jamie Al-Ma'mur KalijayaMasjid Besar Syiarul Islam SimpanganMasjid Jami' Al-Mujahidin, Rawa LintahMasjid Jami’ Attaufiq Walhidayah, Pilar BaratMasjid Jami' Al-Muttaqien - Buni AsihMasjid Al-Muhajirin Karang BaruMasjid Jami’ Baytul Wiqoyan, Pilar TimurMasjid Jami’ Arriyadhoh, Pasir Gombong Masjid Thariq Bin Ziyad Boarding School CikarangMasjid Jami’ Al-Huda, Cikarang JatiMasjid Al-Jihad Pasar CikarangMasjid Ar-Rahmah Gramapuri PersadaMasjid Jami Nurul Hasanah Puri Cikarang Hijau Masjid Jami’e AL-Furqon Bumi CitraLestari Cikarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA