Rabu, 08 Agustus 2012

Masjid Jami Nurul Hasanah, Puri Cikarang Hijau

Masjid Jami' Nurul Hasanah Puri Cikarang Hijau, Cikarang Utara

Masjid Jami Nurul Hasanah berada di dalam komplek perumahan Puri Cikarang Indah, Cikarang Utara. Gerbang masuk menuju perumahan ini hanya beberapa meter menjelang gerbang stadion mini, pilar, cikarang utara.

Dibangun oleh pengembang kawasan perumahan Puri Cikarang Hijau di lahan fasos/fasum perumahan tersebut. Masjid Nurul Hidayah selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 10 Agustus 2008 oleh Wakil Bupati Bekasi, HM. Darip Mulyana S.Sos, Msi.


Masjid Jami Nurul Hasanah ini cukup apik mengemas bangunan masjid tradisional Indonesia kedalam bentuk bangunan minimalis modern. Atap joglo dengan padanan empat pilar penopangnya di dalam ruang utama masjid tidak berdiri di tengah tengah ruang seperti yang biasa kita jumpai di masjid masjid tradisional lainnya.

Namun, berkat perkembangan teknologi material bangunan memberikan keleluasaan untuk menarik lebih jauh jarak antara masing masing empat pilar tersebut untuk memberi ruang lebih lega di tengah tengah masjid.

Exterior Masjid Jami' Nurul Hasanah
Cukup unik mengingat bahwa masjid ini tidak dilengkapi dengan jendela sama sekali. Tiga pintu kaca lebar di tiga sisinya juga tak diberi celah ventilasi. Sirkulasi udara dan cahaya di dalam masjid ini dipasok dari celah celah kecil di empat penjuru masjid, ditambah lagi dengan celah celah kecil di bawah struktur atap teratas.

Untuk mencegah tempiasnya air hujan ke dalam masjid melalui celah celah yang dipasang di empat pojok masjid itu, disiasati dengan menempatkan tembok partisi di ke empat pojok teras masjid yang sisi luarnya ditutup dengan batu alam untuk memberi kesan lebih alami.

Interior Masjid Jami Nurul Hasanah Puri Cikarang Hijau, Cikarang Utara
Interiornya memang sepi dari furniture maupun ragam ornament. Hanya ada dua kaligrafi sederhana di sisi kiblat. Mimbar masjid di dalam mihrabnya berupa mimbar keyu berukuran kecil untuk khatib menyampaikan khutbahnya. Dan tentu saja tak lupa satu fitur khas masjid masjid kita, Sebuah Beduk di letakkan di teras masjid di sisi utara. Walaupun mungkin hanya sebatas fitur pelengkap yang tidak dipakai untuk keperluan harian.**

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya

Masjid Besar AlmukarromahMasjid Jamie Al Hidayah WalahirMasjid Jami’ Nurul Hidayah CibeberMasjid Jami' Nurul Ikhlash Pilar BaratMasjid Jamie Al-Falah Pasir GombongMasjid Al-Alif Mall Sentra Grosir CikarangMasjid An Nur Komplek Ponpes Albarkah II Lemah AbangMasjid Jami' Nurul Islam Pilar Masjid Jami’ Al-Mujahidin Kebon KopiMasjid Jami' Nurul Huda Kaum UtaraMasjid Jamie Al-Ma'mur KalijayaMasjid Besar Syiarul Islam SimpanganMasjid Jami' Al-Mujahidin, Rawa LintahMasjid Jami’ Attaufiq Walhidayah, Pilar BaratMasjid Jami' Al-Muttaqien - Buni AsihMasjid Al-Muhajirin Karang BaruMasjid Jami’ Baytul Wiqoyan, Pilar TimurMasjid Jami’ Arriyadhoh, Pasir Gombong Masjid Thariq Bin Ziyad Boarding School CikarangMasjid Jami’ Al-Huda, Cikarang JatiMasjid Al-Jihad Pasar CikarangMasjid Ar-Rahmah Gramapuri PersadaMasjid Jami Nurul Hasanah Puri Cikarang Hijau