Sabtu, 04 Juli 2020

All New Masjid Jami’ Nur El-Ghazy Tambun

Masjid Jami' Nur El-Ghazy setelah renovasi, Megah dengan gaya modern (IG hendrajailani)

Artikel ini adalah artikel kedua tentang Masjid Nur El-Ghazy, artikel sebelumnya pernah kami muat di blog ini di tahun 2011 yang lalu, saat masjid ini masih dalam bentuknya yang lama sebelum renvasi. Klik disini untuk membaca dan melihat wajah Masjid Nur El-Ghazy sebelum renovasi dan sebelum semegah saat ini.

Masjid Nur El-Ghazi berada di jalan Kampung Bahagia (Kampung Utan), CIbitung. Lokasi masjid ini hanya beberapa meter dari pertigaan jalan kampung utan dengan jalan utama yang membentang di depan pasar Induk Cibitung.  Pertigaan yang senantiasa macet oleh lalu lintas kendaraan. Jalan raya di depan masjid ini pun kini penuh dengan jejeran pertokoan dan kedai para pedagang.

Masjid Jami’ Nur El Ghazi
Jl. Raya Setu Kampung Bahagia No.32, Tambun
Kec. Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat 17510



Pertama kali singgah ke masjid ini di tahun 2006 saat itu masjid masih dalam bentuknya yang lama. Setiap jum’at masjid ini memang selalu padat jema’ah, baik dari warga sekitar, para pengguna jalan dan juga Jemaah dari para murid murid sekolah yang berada disekitar masjid termasuk murid sekolah Yayasan Pendidikan Al-Muslim dan Yayasan Pemeliharaan Pendidikan Islam dan Masjid (YAPPIM) Nur El-Ghazy.

Masjid Jami’ Nur El-Ghazy ini dibawah pengelolaan Yayasan Pemeliharaan Pendidikan Islam dan Masjid Nur El-Ghazy. Selain masjid Jami’ yayasan ini juga mengelola lembaga pendidikan dengan nama yang sama dan lokasinya berada disekeliling masjid ini. Yayasan yang sama juga mengelola pendidikan hingga ke perguruan tinggi dengan membangun Sekolah Tinggi Agama Islam Nur El-Ghazy yang bersebelahan dengan Sekolah milik Yayasan Pendidikan Islam Al-Muslim beberapa meter ke arah selatan dari masjid.

Progres renovasi Masjid Jami' Nur El-Ghazy.

Sejauh ini kami belum mendapatkan data tentang kapan masjid ini pertama kali dibangun. Namun dari serangkaian dokumentasi foto yang kami miliki, masjid Jami’ Nur El-Ghazy mulai di renovasi ke bentuknya saat ini ditahun 2011 yang lalu dan mulai menampakkan bentuk indahnya di tahun 2015. Finishing ahir dari bangunan masjid dan peresmiannya dilakukan pada tanggal 11 September 2016.

Dan kini Masjid ini pun berubah status dari sebelumnya hanya Masjid Nur El-Ghazy, setelah selesai renovasi namanya pun berubah menjadi Masjid Jami’ Nur El-Ghazy dan menjadikannya salah satu masjid yang cukup indah dan megah di Tambun Selatan dan di kabupaten Bekasi.

Fasad depan Masjid Jami' Nur El-Ghazy.

Bangunan masjid dua lantai dengan sentuhan arsitektur masjid masjid modern lengkap dengan kubah besar di atapnya dan dua menara menjulang juga di bagian atap sisi depan. Tersedia dua tangga akses ke lantai dua ditambah juga dengan tangga akses ke lantai atap. Dari bagian atapnya dapat memandang wilayah tambun selatan dari ketinggian.

Toilet dan kamar mandi ditempatkan disisi kanan masjid, toilet dan tempat wudhu yang terpisah untuk masing masing Jemaah pria dan wanita. Ruang sholat khusus Jemaah wanita juga ditempatkan disisi kanan bangunan dilantai dasar, terpisah oleh tembok permanen bukan sekedar partisi sementara. Baca posting berikutnya untuk melihat lebih banyak foto Masjid Jami' Nur El-Ghazy.

------------------------------------------------------------------
Follow & Like akun Instagram kami di @masjidinfo dan @masjidinfo.id
🌎 gudang informasi masjid di Nusantara dan mancanegara
------------------------------------------------------------------

Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hindari komentar yang berbau SARA