Minggu, 23 September 2012

Masjid Jamie An-Nur Kampung Jati, Tanjung Sari

Masjid Jamie An-Nur Kampung Jari, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara. lokasinya berdiri berada di belakang pembangkit Listrik PT. Bekasi Power yang merupakan anak perusahaan PT. Jababeka Tbk. (lihat di panoramio)

Update foto udara tanggal 20 Juli 2000 di google earth menunjukkan kawasan disekitar masjid Jamie An-Nur Kampung Jati ini masih berupa lahan pesawahan, rawa rawa dan lahan kosong lainnya. Memang sampai beberapa tahun lalu belum bisa dibayangkan apa yang akan mengisi lahan lahan kosong itu. Lahan yang sudah sejak bertahun tahun sebelumnya memang sudah dibebaskan oleh PT. Jababeka.

Masjid Jamie An-Nur Kampung Jari, dari arah depan. Posisinya yang lebih tinggi dari jalan memaksa jemaah yang membawa kendaraan untuk parkir diluar pagar masjid ini tentunya (lihat di panoramio).
Ketika proyek pembangunan perluasan kawasan industry menyentuh wilayah ini, perlahan tapi pasti lahan kosong tersebut mulai di timbun dengan tanah, diratakan, dipetak petak lalu satu demi satu bangunan pabrik berdiri. Ketika  Jababeka mulai membangun Bekasi Power sebagai sebuah pembangkit listrik swasta lokasi masjid Jamie An-Nur ini yang dulunya berada di ujung kampung di kelilingi lahan pesawahan yang luas kini berada hanya beberapa meter dari pagar tinggi pembangkit listrik tersebut.

Lokasi Masjid Jamie An-Nur

Masjid Jamie An-Nur
Kampung Jati, Desa Tanjung Sari
Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi
Jawa Barat – Indonesia
Koordinat Geografi : 6°16'9.15"S 107° 9'32.49"E




Akses paling mudah menuju masjid ini adalah melalui jalan di samping kantor Dephub di Buni Asih yang biasa disebut warga sebagai pangkalan truk. Masuk jalan tersebut ikuti ruas jalan betonnya hingga berahir di depan sebuah sekolah madrasah, belok ke kanan sedikit disana masjid ini berdiri. Sekolah Madrasah itu juga bersebelahan dengan Bekasi Power.  Akses dari arah yang berlawanan cukup rumit dan harus melewati jembatan kayu yang (mungkin) merupakan jembatan darurat tapi permanen dipakai hingga kini.

:::Bukan menara masjid :::
Masjid Jamie An Nur di kampung jati desa Tanjung Sari ini dibangun dalam bentuk  masjid tradisional Indonesia dengan atap joglo bertingkat tanpa menara. Permukaan lantainya dibangun jauh lebih tinggi dari permukaan tanah disekitarnya. Sehingga untuk menuju pekarangan depan nya dari jalan raya pun harus melewati beberapa undakan tangga semen. Dari arah barat, memandang masjid ini seakan akan memiliki banyak menara, tapi bukan menara sebenarnya melainkan cerobong cerobong milik pembangkit listrik yang berdiri tepat di depan masjid ini. ***

Masjid Jamie Kampung Jati Desa Tanjung Sari

--------------------------------

Baca juga Artikel Masjid Masjid Cikarang Utara Lain nya